Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Kaur / Permintaan E-KTP Naik,Stok Blangko Menipis

Permintaan E-KTP Naik,Stok Blangko Menipis

MENUNGGU: Warga sedang menunggu antrian pembuatan e-KTP dan KK di Dinas Dukcapil Kaur Rabu (12/6).(foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Pasca libur lebaran dan kelulusan sekolah tingkat SMA dan SMK tahun 2019 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kuar sejak Senin hingga Rabu (12/6) ramai dikunjungi warga yang ingin membuat e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Apalagi sebagian lulusan SMA dan SMK membutuhkan e-KTP sebelum berangkat mencari kerja di daerah lain.

Terkait dengan itu Kepala Dinas Dukcapil Kaur, Ir Buyung Wiyadi saat dikonfirmasi membenarkan kalau pembuatan KK dan KTP di Kaur meningkat. Bahkan menurut keterangan Buyung, peningkatan ini akan terus terjadi hingga bulan haji yang akan datang. Karena banyak pasangan baru yang juga akan membuat KTP dan KK.

Bahkan akibat banyaknya yang buat e-KTP saat ini stok blangko yang tersedia pun makin menipis bahkan nyaris habis. Hingga kemarin stok blangko e-KTP yang tersisa kurang lebih ada 100 lembar lagi. Sementara yang mengajukan rekam datang terus meningkat setiap harinya.

“Warga yang mengajukan pembuatan e-KTP saat ini kita akui meningkat. Bahkan stok kita nyaris habis, untuk itu kita akan usulkan penambahan blangko lagi ke Pemprov Bengkulu. Kita perkirakan minggu depan blangko kita habis, karena banyaknya yang buat e-KTP,” kata Buyung Wiyadi.

Terkait dengan itu, pihaknya tetap akan memberikan pelayanan reka data walau blangko e-KTP nantinya habis. Dan akan mengeluarkan kartu biodata bagi yang sudah rekam datang sementara. Untuk digunakan dan keperluan sambil menunggu fisik e-KTP. Biodata yang dikeluarkan Dukcapil Kaur nantinya sama dengan KTP pungsinya.

Namun sifatnya sementara dan biodata tersebut akan ditarik jika fisik e-KTP yang sudah selesai dan diserahkan kepada warga yang bersangkutan. Pihaknya menghimbau kepada warga yang nantinya harus menunggu blangko e-KTP untuk bersabar karena proses pengusulan blangko sedang dalam proses.

“Yang pasti permintaan tambahan blangko akan kita ajukan, kalau stoknya di Bengkulu ada mungkin ada tambahan. Namun jika habis dan harus menunggu, maka bagi warga yang membutuhkan e-KTP cepat akan kita berikan biodata yang kita keluarkan. Dan kita himbau kepada instansi lain untuk tetap bisa melayani walau menggunakan biodata atau e-KTP sementara nantinya,” tutup Buyung.(cik)

Berita Lainnya

20 PNS Disanksi Tunda Naik Gaji

KOTA BINTUHAN – PNS bolos di hari pertama kerja pascalibur lebaran lalu, akhirnya dijatuhi sanksi ...

error: Content is protected !!