Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pleno Penetapan Dewan Rejang Lebong Terpilih, Awal Juli

Pleno Penetapan Dewan Rejang Lebong Terpilih, Awal Juli

Restu S. wibowo

CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) belum bisa menentukan tanggal pasti pelaksanaan Rapat Pleno Penetapan Anggota DPRD Kabupaten RL terpilih hasil Pemilu 2019 lalu. Namun demikian, diperkirakan rapat pleno sudah bisa dilaksanakan Minggu pertama Juli 2019.

‘’Kita belum tentukan tanggalnya, tapi perkiraan kita akan dilaksanakan Minggu Pertama Juli. Termasuk juga untuk tempat, apakah nanti di Aula KPU Rejang Lebong atau ada lokasi lainnya,’’ kata Ketua KPU Rejang Lebong, Drs. Restu S. Wibowo kepada RB Rabu (12/6).

Kebijakan tersebut, sambung Restu, tidak lain berdasarkan surat edaran (SE) KPU RI No. 867/PL.01.8-SD/06/KPU/V/2019 perihal Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tertanggal 24 Mei 2019. Dalam SE itu disebutkan, sesuai Peraturan KPU No.10/2019, tentang perubahan ke empat PKPU No.7/2017, tentang tahapan dan jadwal dalam pemilu. Bahwa penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD provinsi dan caleg terpilih kabupaten/kota yang tidak terdapat PHPU, dilakukan paling lama 3 hari setelah MK mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Kemudian poin kedua, sambung Restu, sesuai dengan ketentuan Peraturan MK No.2/2019, tentang perubahan kedua atas peraturan MK No.5/2018, tentang tahapan, kegiatan dan jadwal penanganan perkara PHPU menyebutkan bahwa pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan dalam PHPU DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019. Sedangkan poin ketiga menyebutkan, MK akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU mengenai daerah yang terdapat PHPU.

‘’Jadi intinya, rencana awal akan dilaksanakan penetapan pada Mei 2019 lalu, namun berubah setelah 1 Juli sesuai surat tersebut. Artinya paling lama tiga hari setelah 1 Juli 2019 atau dalam minggu pertama bulan Juli. Setelah penetapan, baru hasilnya kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu. Serta ke Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong, ke DPRD dan Bupati Rejang Lebong,’’ demikian Restu.(dtk)

Berita Lainnya

Syarat Calon Bupati Independen Diperketat

CURUP – Untuk syarat menjadi pasangan calon bupati (Cabup)/wakil bupati (wabup) melalui jalur independent membutuhkan ...

error: Content is protected !!