Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Sanksi ASN Sesuai Tingkat Kesalahan

Sanksi ASN Sesuai Tingkat Kesalahan

Denni

CURUP – Bupati Rejang Lebong (RL) DR.HA. Hijazi, SH, M.Si memastikan akan memberikan sanksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diketahui tidak masuk hari pertama kerja tanpa keterangan. Dimana dari hasil sidak dan pendataan Pemkab RL ada 139 ASN yang tidak masuk kerja dihari pertama pasca libur, Senin (10/6). Bahkan 23 ASN diantaranya tercatat tidak masuk kerja tanpa keterangan alias bolos.

Diungkapkan Bupati Hijazi, pemberian sanksi pasti dilakukan oleh Pemkab RL melalui mekanisme dan aturan yang berlaku. ASN yang melanggar disiplin akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan mereka masing-masing. Mulai dari sanksi ringan, sedang hingga sanksi berat.

Pemberian sanksi ini kata Hijazi sesuai instruksi dari Kemenpan-RB serta telaah dari PP No.53 tahun 2010, tentang Disiplin PNS, serta berdasarkan rekomendasi Inspektorat setempat. ‘’Sanksi tegas harus diberikan. ASN yang tidak hadir tanpa keterangan ini harusnya sadar, kalau mereka sudah mendapatkan libur yang cukup panjang tapi tetap menambah libur,’’ ujar Hijazi.

Terpisah, Sekda RL R.A.Denni, SH, MM mengungkapkan, sanksi pertama yang harus diberikan kepada ASN yang diduga bolos adalah pemotongan tunjangan kinerja (tukin) atau Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Baru nantinya ditambah dengan sanksi disiplin sesuai tingkat keselahan masing-masing.

‘’Bisa saja sanksinya  berupa penundaan kenaikan pangkat berkala satu tahun. Tapi kita tetap melalui proses terlebih dahulu dan akan memanggil seluruh ASN yang tercatat tidak masuk kerja tanpa keterangan tersebut untuk mengetahui alasan mereka nekat tidak masuk kerja,’’ demikian Denni.(dtk)

Berita Lainnya

Perbaiki Irigasi Rusak Berat!

SELUPU REJANG – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan ...

error: Content is protected !!