Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Sekdes Ujan Mas Bawah Terancam Dipecat

Sekdes Ujan Mas Bawah Terancam Dipecat

zamzami zubir

KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang memastikan dalam waktu dekat ini akan menindaklanjuti status Sekretaris Desa (Sekdes) Ujan Mas Bawah, Saiful Anwar yang terjerat kasus dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan saat ini sedang dalam masa tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang. Pasalnya tersangka Syaiful hingga saat ini masih berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kepahiang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM mengungkapkan, pihaknya memastikan akan melakukan pemecatan terhadap ASN yang terlibat tindak pidana korupsi. Hanya saja untuk kasus yang dialami oleh Syaiful Anwar, Pemkab Kepahiang terlebih dahulu akan menunggu keputusan hukum tetap atas perkara penyelewengan DD tersebut.

“Saat ini kan yang bersangkutan masih dalam proses hukum. Kalau nantinya di pengadilan dinyatakan terbukti bersalah, maka akan kita lakukan pemecatan sebagai ASN untuk yang bersangkutan,” tegas Zamzami, Rabu (12/6).

Diketahui pada Senin (13/5) lalu, penyidik Kejari Kepahiang menetapkan tersangka terhadap Ahmad Badawi, Saiful Anwar, Sofyan Aroni dan Ismono Sahadi. Keempatnya tersangka langsung digiring ke Lapas Curup Kabupaten Rejang Lebong untuk menjalani masa penahanan. Keempatnya terlibat dalam korupsi DD ADD Desa Ujan Mas Bawah Kecamatan Ujan Mas Tahun Anggaran (TA) 2015- TA 2017 dengan kerugian negara mencapai Rp 300 juta.

Adapun identitas keempat tersangka, yakni Ahmad Badawi (48) selaku Kades, Sekdes Saiful Anwar (58), Bendahara Sofyan Aroni (45) dan Ismono Sahadi (27). Dari keempat tersangka tersebut, hanya Saiful Anwar yang berstatus sebagai ASN Pemkab Kepahiang. “Padahal yang bersangkutan sudah hampir memasuki masa pensiun. Namun karena aturan yang dilanggarnya, maka yang bersangkutan harus siap dengan segala konsekuensi yang akan diberikan,” ujar Zamzami.

Di sisi lain, Kabag Pemerintahan Setdakab Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH, MH, mengatakan saat ini Pemkab Kepahiang sedang mempersiapkan rencana pengangkatan Plt Kades Ujan Mas Bawah. Untuk itu dalam waktu dekat ini, Pemkab Kepahiang akan mengumpulkan seluruh perangkat desa yang aktif beserta pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) guna mempersiapkan hal ini.

“Apapun kondisinya pemerintahan desa tak boleh terganggu. Karena masih banyak program pembangunan yang harus dilakukan oleh desa. Untuk itu dalam beberapa hari ini kita akan kumpulkan seluruh pengurus desa dan BPD, untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. Salah satunya adalah menunjuk Plt Kades, Plt Sekdes, dan Plt Bendes Ujan Mas Bawah. Namun sebelum itu, kita perlu ketetapan hukum tetap dulu atas keempat tersangka,” jelas Iwan.

Dijelaskan Iwan, untuk menujuk pejabat Plt nantinya, Pemkab Kepahiang akan menyerahkan kepada para perangkat desa dan BPD Ujan Mas Bawah terkait bagaimana teknisnya. Untuk itu nantinya kajian, analisa, dan kesepakatan perangkat desa dan BPD diperlukan untuk Pemkab nantinya mengangkat pejabat Plt Kades dan perangkat kosong lainnya di desa tersebut.

“Ya nantinya siapa yang layak untuk diangkat sebagai Plt, tentunya berdasarkan kesepakatan antara perangkat desa dan pengurus BPD selalu penyambung aspirasi masyarakat. Pemkab dalam hal ini akan meng-SK-kan siapa yang menurut masyarakat desa layak memimpin mereka,” demikian Iwan. (sly)

Berita Lainnya

UTTP Belum Berjalan

KEPAHIANG – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kabupaten Kepahiang mengaku bahwa kegiatan ...

error: Content is protected !!