Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Siapkan Lawan Hadapi Petahanan

Siapkan Lawan Hadapi Petahanan

AKRAB: Tampak Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid, berpose akrap dengar zurdi nata pada momentum lebaran beberapa waktu lalu.

KEPAHIANG – Kendati tahapan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 mulai dilakukan pada September 2019 mendatang, namun iklim persaingan jelang Pilbup Kepahiang 2020 mendatang sudah mulai terasa. Bahkan saat ini calon petahana Hidayattullah Sjahid, dipastikan akan kembali ikut dalam kontestasi menuju kursi BD 1 G untuk kedua kalinya. Santer terdengar saat ini Hidayattullah akan menggandeng Zurdi Nata, seorang pengusaha yang juga politisi yang cukup dikenal oleh masyarakat Kepahiang.

Menanggapi hal ini, beberapa Partai Politik (Parpol) mulai mengambil langkah dalam mempersiapkan persaingan untuk Pilbup 2020 mendatang. Bahkan beberapa Parpol seperti Gerindra, PKB, Golkar, PDIP, Demokrat, Hanura dan PKS sudah mulai menjalin komunikasi dalam membahas persiapan Pilbup 2020.

Hal ini diakui oleh Politisi Gerindra, Eko Guntoro yang mengatakan komunikasi politik yang terjalin antar Parpol merupakan hal yang wajar, jelang sebuah pesta demokrasi. Ia pun tidak menampik bahwa beberapa waktu lalu sejumlah Parpol sempat melakukan silaturahmi untuk menyusun langkah untuk Kabupaten Kepahiang ke depannya.

Bila Hidayattullah selaku petahana kembali maju, tentunya partai NasDem selaku pengusung tidak diwajibkan melakukan koalisi lantaran hasil Pemilu 2019 lalu berhasil meraih kursi terbanyak yakni 7 kursi di DPRD Kepahiang, melebih syarat kursi yang harus dipenuhi Parpol untuk mengusung pasangan kandidat, yakni 5 kursi.

“Yang jelas, kita tidak akan biarkan petahana dan calon wakilnya bertarung melawan kotak kosong pada Pilkada 2020 mendatang. Harus ada kandidat lain yang akan kita usung agar nilai demokrasi di Kabupaten Kepahiang ini terus berjalan dengan baik,” terang Eko, Rabu (12/6).

Ketika ditanya apakah Gerindra memiliki calon kandidat yang akan diusung, Eko menegaskan Parpolnya sudah mengantongi beberapa nama kandidat yang siap bertarung di Pilkada 2020 seperti John Latief, Ujang Syaripudin, dan Muhammad Fikri. Hanya saja ia mengakui untuk mengusung pasangan kandidat, Gerindra harus melakukan koalisi dengan Parpol lainnya lantaran jumlah kursi yang diraih partai besutan Prabowo Subianto tersebut di DPRD Kabupaten Kepahiang, hanya sebanyak 2 kursi.

“Banyak kandidat yang mumpuni yang bisa kita persiapkan untuk Pilkada 2020 mendatang. Kita akan lihat nantinya seperti apa hasil koalisi yang akan Gerindra lakukan. Yang jelas, jangan biarkan petahana bertarung melawan kotak kosong,” tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra, SE. Menurutnya kendati belum mengetahui seperti apa mekanisme Pilkada 2020 mendatang, ia memastikan Parpol yang ada di Kabupaten Kepahiang akan mengusung pasangan kandidat masing-masing, untuk bersaing dengan petahana dalam Pilkada 2020.

“Bisa dipastikan Parpol yang ada di Kepahiang saat ini tidak akan membiarkan petahana melawan kotak kosong. Pasti akan ada lawannya, entah itu head to head, 3 pasang atau 4 pasang kandidat. Yang jelas Pilkada 2020 mendatang akan sangat demokratis dan dinamis,” jelas Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang ini.

Aan menambahkan, Kabupaten Kepahiang memiliki banyak putra-putri daerah yang berkualitas dan memiliki kemampuan dalam membangun Kabupaten Kepahiang. Namun bagaimana teknisnya nanti dalam pengusungan putra-putri terbaik tersebut, Aan mengatakan tunggu saja seperti apa nanti tahapan Pilkada 2020 yang disusun oleh KPU RI.

“Politik itu kan sangat dinamis dan sewaktu-waktu bisa berubah, koalisi tentunya sangat dibutuhkan untuk mengusung kandidat. Beberapa calon nama memang belum bisa kita sebutkan, siapa saja bisa maju dalam Pilkada 2020, termasuk mungkin saya sendiri yang akan maju,” demikian Aan. (sly)

Berita Lainnya

Belum Usulkan Pencairan DD, Tiga Desa Tak Disanksi

KEPAHIANG – Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes ...

error: Content is protected !!