Minggu , 22 September 2019
Home / Metropolis / Tunggu Perwal, PPBD Awal Juli

Tunggu Perwal, PPBD Awal Juli

Rosmayetti

BENGKULU – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bengkulu di perkirakan akan dimulai pada awal juli mendatang. Saat ini PPDB masih menunggu keluarnya Peraturan Wali Kota(Perwal) yang terbaru untuk tahun ajaran 2019/2020. Untuk sistem PPDB nantinya masih menggunakan sistem zonasi dan tidak ada pungutan biaya sepeserpun saat pendaftaran.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetti, MM mengatakan nantinya PPDB 2019 masih akan menggunakan sistem zonasi yang mana 90 persen untuk siswa terdekat, 5 persen untuk siswa berprestasi serta 5 persen untuk wali murid yang pindah tugas.

Untuk sistem pendaftarannya sendiri dibagi 2 cara yakni untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui online sedangkan untuk pendaftaran Sekolah Dasar (SD) masih manual. Untuk calon siswa SD diminimalkan umurnya 6,5 tahun ke atas. Untuk kapan mulai pendaftarannya masih belum diketahui karena sampai saat ini Perwal PPDB 2019 belum ada.

Namun ia memperkirakan PPDB akan dimulai awal juli mendatang. “Perwal belum ada,  nanti untuk sistemnya masih zonasi yang mana SMP melalui online dan SD masih manual dengan datang ke tujuan sekolahnya,kita perkirakan awal juli sudah dimulai PPDB nya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pendaftaran PPDB tidak ada pungutan biaya sepeserpun. Untuk itu diinformaskan kepada seluruh calon siswa dan orang tua siswa bahwa PPDB tidak ada pungutan, menggunakan sistem zoansi dan jangan percaya adanya calo yang bisa membantu memasukkan anaknya ke sekolah diluar sistem zonasinya.

“Semuanya diatur perwal, jangan percaya ada yang bisa membantu untuk masuk sekolah yang tidak sesuai zonasi wilayahnya, PPDB juga tidak ada pungutan biaya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu,  Idiarman, M.Pd mengatakan  nantinya saat PPDB selesai dan peserta didik baru sudah ditentukan pihaknya akan mengundang orang tua siswa untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di sekolah tersebut. Itu dilakukan untuk meminta dukungan dari para orang tua agar membantu sistem pembelajaran di luar sekolah.

“Bagi calon siswa yang ingin mendaftar, silahkan ikuti peraturan dan benar-benar mau mengikuti program di sekolah ini  karena orentasi sekolah ini adalah peningkatan dan mempertahankan prestasi,” tutupnya.

Semua Siswa Lulus

Ketua UN/USBN tahun 2018-2019 Kota Bengkulu, Huteman Mulyadi, M.Si mengatakan dari data terdapat 6.797 siswa SD/MI dari 103 sekolah di Kota Bengkulu yang siap untuk melanjutkan sekolahnya menuju SMP. Apalagi saat ini siswa tersebut sudah dibagikan kelulusan yang mana jika dilihat dari nem semuanya rata-rata lulus dan untuk kelulusan itu berasal dari sekolah masing-masing.

“Kelulusan siswa tetap kembali sekolah, kalau dari jumlah siswa yang ikut UN yakni sebanyak 6.797 siswa SD yang siap melanjutkan ke SMP,” pungkasnya.(cw1)

Berita Lainnya

Danlanal Bengkulu, Tutup Pendidikan Karakter 427 Siswa

BENGKULU– Komandan Pangkalan TNI AL ( Danlanal ) Bengkulu, Letkol Laut ( P ) M ...

error: Content is protected !!