Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Kaur / Belum Difungsikan, SPBU Mini Rusak

Belum Difungsikan, SPBU Mini Rusak

RUSAK: SPBU mini yang berada di Desa Pasar Lama rusak kendati belum difungsikan.(foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Sejak dibangun tahun 2014 silam, SPBU mini khusus untuk nelayan Desa Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan hingga saat ini tidak difungsikan. Bahkan dari pantauan RB, bangunan yang menelan anggaran ratusan juta tersebut mulai rusak dan berkarat.

Pembangunan SPBU mini untuk menyalurkan solar ke nelayan ini terkesan dipaksakan. Sebab nelayan di Kaur banyak menggunakan premium sebagai bahan bakar mesin perahunya.

Akibatnya, pertamina hingga saat ini tidak mau mengisi SPBU tersebut dengan premium. Karena SPBU tersebut spesifikasinya untuk minyak solar. Diisi dengan solar dipastikan tidak ada nelayan yang akan membelinya.

Kepala Desa Pasar Lama M. Ali saat dikonfirmasi membenarkan kalau SPBU mini tersebut hanya sebagai pajangan saja. Dibangun masa Bupati Hermen Malik, hingga saat ini tidak difungsikan. Kondisi ini sangat disayangkan nelayan.

“Sejak dibangun setahu saya SPBU mini tersebut sudah seperti itu lah dan tidak difungsikan sama sekali. Walau koperasi dan pihak DKP telah berusaha, namun tetap pertamina tidak mengisi SPBU mini tersebut. Karena nelayan di sini bahan bakarnya bensin bukan solar, sementara SPBU mini khusus untuk solar,” terang M Ali.

Dari pantauan RB kemarin SPBU mini yang diharapkan bisa mengatasi kelangkaan BBM khusus nelayan pada saat itu disambut baik oleh nelayan. Supaya a nelayan tidak lagi antre di SPBU untuk membeli bensin kapal.

Namun sayang hingga saat ini SPBU bantuan dari kementerian tersebut terbengkalai dan rusak parah, tidak bisa difungsikan lagi. Padahal ada lebih kurang 200 nelayan di wilayah Pasar Lama dan sekitarnya mengharapkan SPBU mini tersebut bisa berfungsi menyuplai BBM untuk mereka.

“Kita sangat menyayangkan sekali SPBU mini ini tidak berfungsi. Padahal kami nelayan sini sangat senang awalnya. Namun saat ini nampaknya sudah tidak bisa lagi kita fungsikan, besinya sudah berkarat semua,” ungkap salah satu nelayan Iksan kepada RB. (cik)

Berita Lainnya

Bupati Turun Tangan Selesaikan Persoalan PT DPM

KOTA BINTUHAN – Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP Selasa (27/1) sekitar pukul 10.00 WIB ...

error: Content is protected !!