Senin , 18 November 2019
Home / Breaking News / Pentas Seni, Pawai Adat dan Karnaval Budaya Meriahkan Pembukaan Perayaan HUT Kota Curup ke-139

Pentas Seni, Pawai Adat dan Karnaval Budaya Meriahkan Pembukaan Perayaan HUT Kota Curup ke-139

MERPATI : Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si melakukan pelepasan merpati sebagai salah satu ritual adat saat pembukaan Perayaan HUT Kota Curup Ke-139. (foto : wanda/rb)

CURUP – Bupati Rejang Lebong  H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si secara resmi membuka  Pagelaran Pentas Seni Budaya, Pawai Adat dan Karnaval Budaya dalam rangka HUT Kota Curup Ke-139 tahun 2019. Tahun 2019 ini, Perayaan Hari Jadi Kota Curup mengangkat tema ‘Dengan semangat hari jadi Kota Curup ke-139 kita gali potensi budaya daerah dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa menuju Rejang Lebong yang sehat, cerdas, sejahtera, berbudaya dan Religius’.

Kegiatan diawali dengan pelepasan dan sekaligus penyambutan peserta Karnaval Budaya yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan yang ditandai Pemukulan kentongan atau ketuk diwo sebanyak 1,3,9 yang menandakan usia kota Curup sudah mencapai 139 tahun. Serta proses Kedurai Agung dan Punjung Agung yang dipimpin langsung Bupati Hijazi yang bergelar Adat Rajo Ario Pasak Bumei.

KETUK DIWO : Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si yang bergelar Adat Rajo Ario Pasak Bumei melakukan Ketuk Diwo sebagai tanda dimulainya kegiatan perayaan Hari Jadi Kota Curup Ke-139. (foto : wanda/rb)

Dalam sambutannya, Bupati Hijazi menyampaikan, pembukaan kegiatan Pentas seni budaya, pawai adat dan karnaval budaya dibarengi dengan pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB dan Kesehatan tahun 2019 di Kabupaten Rejang Lebong. Berbagai kegiatan perlombaan akan mengisi pekan seni dan festival budaya selama satu minggu. Mulai dari lomba lomba bekulo atau perasanan atau pendekatan antar keluarga sebelum acara pernikahan.
Kemudian, lanjut Bupati Hijazi, pemilihan Bujang Semulen, lomba tari kejei, menulis dan membaca huruf Ka Ga Nga (huruf asli masyarakat Rejang), busana Pei Ka Ga Nga (busana daerah Rejang) dan lomba lagu daerah Rejang. Serta ditambah berbagai kegiatan lomba lainnya antar OPD dan pemerintah Kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan Pekan Seni Budaya, Pawai Adat dan Festival Budaya juga menjadi wadah masyarakat mengapresiasikan diri serta menambah informasi pengetahui seni budaya nusantara di Kabupaten Rejang Lebong.

SAMBUTAN : Bupati Rejang Lebang Dr. H. Ahmad Hijazi, Sh, M.Si yang bergelar Adat Rajo Ario Pasak Bumei menyampaikan sambutannya saat membuka Kegiatan Pagelaran Pentas Seni Budaya, Pawai Adat dan Karnaval Budaya dalam rangka HUT Kota Curup Ke-139 di Lapangan Dwi Tunggal. (foto : wanda/rb)

‘’Tentunya peringatan hari jadi kota Curup tahun ini ke -139 ini dengan berbagai kegiatan kesenian dan budaya, hendaknya jangan sampai membuat kita terlarut dalam euforia dan kemeriahan seremonial belaka. Namun perlu dilakukan intropkesi dan evaluasi atas apa yang telah kita capai sejauh ini serta mampu mengaktualisasikan dalam gerak pikir, emosi, langkah tindak sehari-hari yang bermuara pada suatu semangat untuk melakukan perubahan sikap dan prilaku yang diperlukan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Curup dan kabupaten Rejang Lebong secara luas,’’ ucap Bupati Hijazi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT Kota Curup Ke-139 tahun 2019 sekaligus Sekda Rejang Lebong R.A. Denni, SH, MM menyampaikan, peringatan hari jadi Kota Curup juga menjadi sebuah ajang untuk mempromosikan daerah. Baik itu dari sisi seni, budaya serta wisata, juga potensi lainnya. Termasuk sebagai upaya melestarikan dan menggali seni budaya daerah agar tidak punah.

KARNAVAL : OPD sebagai peserta karnaval adat dalam rangkaian pembukaan Pekan Seni Budaya, Festival Adat dan Karnaval Budaya yang diselenggarakan Minggu (16/6) pagi. (foto : wanda/rb)

Tidak hanya pekan seni, festival adat dan karnaval adat, sambung Sekda Denni, kegiatan peringatan juga diisi dengan pameran Pembangunan yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal. Sedangkan untuk malam puncak dan penutupan kegiatan akan menyuguhkan hiburan atau pesta rakyat dengan menghadirkan artis ibukota.

‘’Sebelumnya rangkaian agenda resepsi peringatan hari ulang tahun (HUT) kota Curup ke-139 tahun 2019 ini diawali dengan rapat paripurna istimewa pada tanggal 29 Mei 2019. Kemudian dilanjutkan dengan halal bihalal dan Zikir Akbar, upacara peringatan dan prosesi adat Kedurei Sudut,’’ imbuh Sekda Denni.(dtk)

Berita Lainnya

Tersandung Kasus Sabu, ASN Pemkab Kepahiang Diciduk Polda Beserta Bidan Honor dan Pengajar Bahasa

BENGKULU– Direktorat Narkoba Polda Bengkulu menciduk tiga perempuan Minggu (17/11) sekitar pukul 23.45 WIB. Ketiganya ...

error: Content is protected !!