Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Belum Usulkan Pencairan DD, Tiga Desa Tak Disanksi

Belum Usulkan Pencairan DD, Tiga Desa Tak Disanksi

Jan Johanes Dalos

KEPAHIANG – Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos mengaku pihaknya belum bisa memberikan sanksi tegas kepada 3 desa yang belum mengusulkan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama tahun 2019 ini.

Menurutnya, pihaknya sebelumnya sudah memberikan deadline kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Kepahiang, bahwa deadline paling lambat untuk mengusulkan pencairan DD/ADD adalah hingga pertengah bulan ini. Karena pihak Dinsos PMD akan mulai mempersiapkan untuk pencairan tahap kedua pada Juli mendatang.

“Kita ini sudah mau masuk pencairan tahap kedua. Namun untuk tahap pertama saja, masih ada desa yang belum mengusulkan. Kalau hingga akhir bulan ini masih ada desa yang belum mengusulkan, maka kita akan berkoordinasi dengan bupati, Inspektorat dan Badan Keuangan Daerah (BKD), terkait apa yang harus dilakukan terhadap ketiga desa ini. Tentunya sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Dalos, Senin (17/6).

Diungkapkan Dalos, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui persis alasan dari ketiga desa tersebut belum menyampaikan usulan pencairan, yakni Desa Taba Saling Kecamatan Tebat Karai, Desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang, dan Desa Ujan Mas Bawah Kecamatan Ujan Mas.

“Tidak tahu persis apa alasannya ketiga desa tersebut belum mengajukan usulan pencairan. Hanya saja memang untuk Desa Ujan Mas Bawah, saat ini masih dalam tahapan persiapan penunjukan pelaksana kepala desanya, karena kan sepaket perangkat desanya terjerat kasus dugaan penyelewengan DD,” terangnya.

Kemudian terkait rencana pencairan tahap kedua ini, Dalos menegaskan desa yang akan mengusulkan pencairan tahap kedua nantinya harus sudah mempertanggungjawabkan hasil pencairan tahap pertama lalu, dan sudah menyampaikan laporannya ke kecamatan masing-masing.

“Nantinya kalau dari pihak kecamatan sudah menyampaikan laporan penggunaan dana tahap pertama lalu, maka pencairan tahap kedua sudah bisa segera kita proses ke desa masing-masing,” demikian Dalos. (sly)

Berita Lainnya

Maling Pisang Milik Jaksa, Remaja Dibekuk Warga

KEPAHIANG– Warga Desa Taba Tebelet Kecamatan, Kamis (20/2) dihebohkan dengan tertangkapnya seorang remaja dibawah umur …