Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Pemohon Kartu Pencari Kerja Meningkat

Pemohon Kartu Pencari Kerja Meningkat

PENCAKER: Para pencari kerja mendatangi Dinaskertrans untuk membuat kartu pencari kerja.(foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Seminggu setelah libur lebaran, sudah 70 lembar kartu pencari kerja di terbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kaur. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Seiring banyaknya pemuda Kaur yang mencari pekerjaan. Baik itu di Kaur, luar provinsi bahkan luar negeri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaur Yunardi mengatakan warga yang datang membuat kartu pencari kerja meningkat. Didominasi oleh lulusan SMA dan SMK yang ingin mengadu nasib ke luar Kabupaten Kaur.

“Yang pasti dari data kita, satu minggu ini sudah 70 warga yang datang membuat kartu pencari kerja dan itu gratis. Jumlah ini kita perkirakan akan bertambah usai pembagian ijazah SMA dan SMK, ” terang Yunardi.

Hingga pertengahan tahun ini, sudah 280 pencarian kerja yang membuat kartu. 54 orang diantaranya akan mencari kerja ke luar negeri. Seperti ke Jepang dan Malaysia. Baik itu program kerja sama dengan Pemprov ataupun lainnya.

Sisanya, 200 pencari kerja lainnya ingin kerja di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini karena banyak perusahaan di Kaur yang tidak membuka lowongan kerja secara terbuka. Sehingga banyak masyarakat atau memilih mencari kerja ke luar Kaur.

“Dengan banyaknya pencari kerja saat ini kita sangat menyayangkan pihak perusahaan di Kaur. Tidak transparan dalam merekrut karyawan. Akibatnya saya lihat banyak tenaga kerja dari luar Kaur yang masuk. Sementara tenaga kita tidak terpakai dan hanya jadi buruh,” pungkas Yunardi.

Sementara itu, Iwan warga Kinal yang datang ke Diskertrans Kaur mengatakan dirinya bersama teman-temannya sengaja membuat kartu pencari kerja. Untuk persiapan kerja di luar Kaur, jika nantinya tidak mendapatkan pekerjaan di Kaur.

“Mau kerja di Kaur dulu pak masukin lamaran saja. Kalau tidak dapat saya mau ke Malaysia saja kalau bisa. Kalau tidak ikut teman di Jawa kerja apa saja nantinya,” pungkas Iwan. (cik)

Berita Lainnya

Operasi Wanalaga Nala, Polres Kaur Amankan 11 Burung

KOTA BINTUHAN– Sebanyak 11 ekor burung yang dilindungi, Kamis (20/2) diamankan Unit Tipiter Polres Kaur. …