Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 14 Kadis Dievaluasi

14 Kadis Dievaluasi

RAPORT MERAH: Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata dan Sekda Haryadi memimpin rapat TEPRA, Selasa (18/6).(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Meski seluruh OPD sudah diingatkan harus cepat dalam menyerap dana yang dianggarkan di APBD, namun nyatanya dalam rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Selasa (18/6) , diketahui masih ada OPD yang mendapatkan raport merah. OPD tersebut serapan anggarannya masih di bawah 30 persen.

Hanya ada lima OPD yang mendapatkan raport biru atau sangat baik dalam penyerapan anggaran yakni Kantor Camat Air Padang, Napal Putih, Ketahun, Air Besi  serta Dinas Perhubungan.

Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE, M.Si mengatakan 14 OPD yang mendapatkan raport merah akan dievaluasi. Terutama apa yang menyebabkan lambannya serapan anggaran sehingga tidak bisa memenuhi target yang sudah ditentukan. “Karena ini menunjukkan berjalan atau tidaknya program di OPD tersebut,” ujarnya.

Ia bisa memaklumi jika serapan anggaran yang belum maksimal adalah program fisik. Sebab untuk program fisik memang beberapa kontraktor menyelesaikan pekerjaan lebih dulu. Namun tak ada toleransi jika ada program non fisik yang tidak berjalan. “Kita akan evaluasi apa yang menjadi permasalahannya. Baik itu programnya maupun pejabatnya,” tegas Wabup.

Ia meminta seluruh OPD setelah rapat TEPRA kemarin lebih giat lagi bekerja. Sehingga enam bulan ke depan seluruh program OPD bisa terlaksanakan sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan oleh Pemkab dan DPRD dalam APBD 2019.

“Jangan ada program yang lambat berjalan dan akhirnya kejar tayang di akhir tahun anggaran. Apalagi sampai tidak bisa terserap,” ingap Wabup.(qia) 

Berita Lainnya

Dana OPD Dikurangi

ARGA MAKMUR – Seluruh OPD harus benar-benar fokus melaksanakan anggaran dalam satu setengah bulan ini. ...

error: Content is protected !!