Selasa , 15 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Arung Jeram Air Tenam Belum Ditarik Retribusi

Arung Jeram Air Tenam Belum Ditarik Retribusi

Yulian Fauzi

KOTA MANNA –  Pemkab Bengkulu Selatan (BS) memastikan hingga saat ini belum memiliki Perda retribusi untuk wisata arung jeram di Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.  Sehingga untuk komunitas atau individu yang ingin mencoba arung jeram di sungai Air Manna dipastikan tidak ditarik pungutan apapun.

Padahal lokasi wisata ini sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata unggulan di kalender visit wonderful 2020. Selain belum memiliki Perda retribusi, pihak Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan saat ini juga tengah memfokuskan pembenahan sarana dan prasarana.

Bahkan untuk melengkapi sarana dan prasarana tersebut, Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan telah menganggarkan Rp 510 juta guna pembelian 10 unit perahu dengan kapasitas 7 orang. Selain pembelian perahu dan pembangunan beberapa sarana berupa gazebo dan kamar ganti, Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan juga mempersiapkan sebanyak 30 orang yang akan menjadi operator perahu arung jeram.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan, Drs. Yulian Fauzi mengakui, bahwa potensi wisata arung jeram di Desa Air Tenam sangatlah memungkinkan untuk dijadikan destinasi wisata unggulan. “Untuk sementara tidak ada tarif retribusi bagi yang mau berwisata arung jeram di Sungai Air Manna alias gratis,” terang Yulian, Selasa (18/6).

Sehingga jika seluruh sarana dan prasarana telah lengkap, maka pihaknya akan mengatur tarif guna menarik retribusi bagi pengunjung yang akan menjajal olahraga ekstrem tersebut. “Kita usahakan dulu sarana penunjang agar lengkap biar nanti ada tarif dan bisa manjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

Tanamkan Cinta Tanah Air

ULU MANNA – Selain bekerja membangun desa, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Keban ...

error: Content is protected !!