Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Dana Tanggap Darurat Bisa Untuk Bencana

Dana Tanggap Darurat Bisa Untuk Bencana

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara menggelar rapat paripurna tanggapan fraksi atas Laporan Pertanggungjawaban APBD yang disampaikan Bupati Bengkulu Utara, Selasa (18/6) . Tujuh fraksi menyampaikan tanggapannya atas kinerja Bupati selama tahun 2018.

Sebagian besar fraksi mengucapkan selamat atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang berhasil diraih Pemkab Bengkulu Utara selama dua tahun berturut-turut. Namun juru bicara Fraksi NasDem, Slamet Waluyo, SH menilai apa yang dilakukan Pemkab Bengkulu Utara dalam tanggap darurat bencana belum cukup maksimal. Ia menilai seharusnya Pemkab bisa menggunakan dana taktis bencana untuk penanganan pembangunan Jembatan Gunung Selan. “Namun yang terjadi justru dialihkan pada Jembatan Taba Tembilang yang akhirnya menyusul rusak,” katanya.

Meskipun dana taktis sedikit, namun pengerjaan bisa dilakukan bekerjasama dengan dana CSR dari perusahaan Sehingga pembangunan bisa dilalukan maksimal. “Namun kini justru seluruh infrastruktur rusak dan tumbuh kegiatan-kegiatan pungli,” kata Slamet.

Terkait hal itu, Wabup Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE menuturkan Pemkab Bengkulu Utara sudah melakukan berbagai kegiatan tanggap darurat. Termasuk meminta perusahaan melakukan perbaikan melalui CSR. “Kini untuk jembatan Gunung Selan sudah ditangani oleh enam perusahaan dalam membangunnya,” katanya.

Mengenai infrastruktur lain yang rusak akibat bencana, Pemkab Bengkulu Utara juga sudah melakukan koordinasi ke Pemprov Bengkulu sebagai penanggungjawab infrastruktur hingga ke BNPB. Bahkan LO BNPB sudah turun melihat langsung melihat infrastruktur Bengkulu Utara yang rusak. “Hal ini sebagai bagian dari upaya pembangunan. Karena bencana yang cukup besar dan menimbulkan cukup banyak kerusakan infrastruktur,” terang Arie.(qia)

Berita Lainnya

Berkas Audit Dana Desa Inspektorat Bertambah

ARGA MAKMUR – Belum lagi menuntaskan audit Dana Desa (DD) Taba Kelintang, Tanjung Kemenyan dan ...

error: Content is protected !!