Jumat , 19 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Daya Tampung SMA/SMK Capai 3.558 Siswa

Daya Tampung SMA/SMK Capai 3.558 Siswa

MUKOMUKO – Daya tampung SMA/SMK di Kabupaten Mukomuko dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 hanya 3.558 siswa. Berkaca dari lulusan SMP/MTs se Mukomuko yang mencapai 3.700 siswa, akan ada 142 lulusan SMP tidak bisa melanjutkan pendidikan di SMA/SMK di Mukomuko.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasi SMA Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah IV Mukomuko, Harmen, S.Pd ditemui mengatakan, khusus untuk SMA negeri dan swasta, terdapat 17 sekolah. Dari jumlah itu, total daya tampung untuk peserta didik baru hanya 2.438 siswa. Terbanyak daya tampungnya, SMAN 1 Mukomuko dan SMAN 3 Mukomuko, masing-masing hanya mampu menampung 288 siswa baru. Disusul SMAN 2 Mukomuko 240 siswa, SMAN 7 Mukomuko 192 siswa, SMAn 4 Mukomuko 160 siswa, dan SMAN 5 Mukomuko 150 siswa. (lengkap lihat grafis)

“Sedangkan SMK total 1.120 siswa. Terbanyak daya tampungnya, SMKN 3 Mukomuko 288 siswa. Lalu SMKN 1 Mukomuko 160 siswa, SMKN 2 Mukomuko dan SMKN 6 Mukomuko masing-masing punya daya tampung 128 siswa. Lainnya, kurang dari jumlah itu,” papar Harmen, kemarin (18/6).

Penerimaan peserta didik baru untuk SMA, jelas Harmen, terbagi pada tiga jurusan. Yakni IPA, IPS dan Bahasa. Hanya SMAN 7 Mukomuko yang membuka ketiga jurusan. Dengan daya tampung setiap jurusan, 64 siswa. Kemudian 1 SMAN, hanya membuka jurusan IPA, menerima 64 siswa.

“Terus ada SMAS Muhammadiyah, hanya menyediakan jurusan IPS, daya tampung 32 siswa,” imbuh Harmen.

Sekolah lainnya, menerima siswa untuk jurusan IPA dan IPS. Terdapat 6 SMAN yang daya tampung masing-masing jurusan, sama. Yakni SMAN 1 Mukomuko 144 siswa setiap jurusan, SMAN 6 Mukomuko, SMAN 7 Mukomuko, SMAN 8 Mukomuko, SMAN 10 Mukomuko dan SMAN 16 Mukomuko. Daya tampung masing-masing sekolah ini setiap jurusan hanya 64 siswa.

“Lainnya itu bervariasi. Tapi mereka ini lebih banyak menerima siswa untuk jurusan IPS, dibandingkan jurusan IPA. Misal SMAN 2 Mukomuko di Ipuh, itu daya tampung siswa baru untuk jurusan IPA hanya 90 siswa. Sedangkan jurusan IPS, bisa mencapai 150 siswa,” terangnya.

Harmen menyarankan, orangtua secepatnya mendaftarkan anaknya, ketika sekolah sudah membuka pendaftaran. Agar siswanya bisa terdaftar di sekolah negeri terdekat. Apalagi sekarang ini menggunakan sistem zonasi. Jika sampai terlambat, apalagi sekolah itu sudah penuh siswanya. Maka terpaksa, orangtua menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta atau ke SMK.

“Kami yakin, semua lulusan SMP itu, tertampung. Lagian kita juga ada Madrasah Aliyah (MA), negeri maupun swasta,” optimis Harmen.

Untuk diketahui, pendaftaran peserta didik baru jalur prestasi atau jalur perpindahan di SMA, 1-3 Juli 2019. Jalur zonasi, mulai 4 Juli sampai 10 Juli. Tanggal yang sama juga berlaku untuk penerimaan siswa baru di SMK.

“Sistem zonasi ini hanya berlaku untuk SMA. Sedangkan bagi yang hendak melanjutkan ke SMK, sistem ini tidak berlaku,” pungkas Harmen. (hue)

Berita Lainnya

Batal Datangkan UAS

MUKOMUKO –Dipastikan Pemkab Mukomuko batal datangkan Ustadz Abdul Somad, Lc, MA (UAS) untuk mengisi Tabligh ...

error: Content is protected !!