Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Kelurahan Harus Bentuk LPM

Kelurahan Harus Bentuk LPM

Nurfadlyah

SELUMA – Kabag Hukum Pemkab Seluma, Nurfadlyah, SH meminta 20 kelurahan yang ada di Kabupaten Seluma segera membentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Hal ini harus dilakukan menyusul persiapan pencairan dana kelurahan yang dalam waktu dekat akan segera ditransfer ke rekening kelurahan.

“LPM ini nantinya sebagai penentu atau wadah untuk merumuskan rencana pembangunan atau realisasi dana kelurahan. Jadi setiap kelurahan wajib membentuk LPM, sebagai syarat untuk menerima dana kelurahan,” terang Nurfadlyah.

Dijelaskan Nurfadlyah, sebagai penentu pokok rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di kelurahan, LPM harus beranggotakan minimal sembilan orang. Terdiri dari warga yang dianggap mampu untuk membangun dan memajukan kelurahan. “Untuk proses pembentukan termasuk teknis perekrutan anggota LPM, sepenuhnya diserahkan ke pihak kelurahan. Namun diharapkan anggota LPM ini adalah orang yang dianggap mampu, baik dalam ide maupun proses pembangunan,” jelas Nurfadlyah.

Lanjut Nurfadlyah, jika LPM telah terbentuk maka segera lakukan musyawarah untuk menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan dengan dana kelurahan yang akan diterima. Jika telah dilakukan musyawarah, maka keputusan musyawarah tersebut harus segera disampaikan ke Bupati Seluma, sebagai acuan dalam melakukan pengawasan realisasi dana kelurahan. “Untuk penggunaan anggaran, 60 persen digunakan untuk pembangunan fisik dan 40 persen pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Tambahnya, dalam realisasi dana kelurahan ini telah diatur sesuai dengan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018. “Jadi tidak boleh keluar dari permendagri tersebut. Silakan buka dan pelajari sebelum digelar rapat bersama LPM,” ingatnya.

Sambungnya, untuk alokasi dana kelurahan yang diperuntukkan bagi 20 kelurahan yang ada di Kabupaten Seluma sebesar Rp 14 miliar. Rinciannya Rp 7 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) ditambah dana pendamping dari APBD sebesar Rp 7 miliar.

“Kalau untuk DAU sudah masuk ke kasda, namun untuk dana pendamping baru ada Rp 3 miliar. Sisanya akan kita anggarkan di APBD Perubahan mendatang sebesar Rp 4 miliar. Namun yang terpenting, kelurahan harus segera membentuk LPM, sebelum dana tersebut siap ditransfer ke rekening kelurahan,” pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

September, Dinsos Salurkan BPNT

SELUMA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Ir. Titik Sumila mengatakan September ...

error: Content is protected !!