Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pengamanan Informasi Harus Ditingkatkan

Pengamanan Informasi Harus Ditingkatkan

SOSIALISASI: Diskominfo Bengkulu Selatan menggelar sosialisasi Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Bimtek, Selasa (18/6).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Untuk melindungi informasi dan mengembangkan jaringan komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar sosialisasi serta  Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan email, Selasa (18/6) di Gedung Reptaloka. Peserta Bimtek merupakan para administrator yang membidangi kesekretariatan dan operator yang mengelola email Kabupaten BS. Kegiatan diikuti lebih kurang 60 peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab BS.

Pemateri sendiri langsung dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Jakarta yakni Sandy Rahman Zawaaid dan Kartika Pertiwi. Salah satu cara penerapan pengamanan informasi yang telah dikembangkan oleh Lembaga Sandi Negara adalah email.

Jaringan Komunikasi Sandi (JKS) Sanapati merupakan jaringan tertutup secure closed email dengan proteksi terhadap malware, spam, email bombing, dan sebagainya. E-mail tersebut berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan antara jajaran Pemerintah Pusat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten Kota.

Kasi Operasional Pengamanan Persandian Dinas Kominfo Bengkulu Selatan, Effi Sasmita, SE mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja pada Dinas Kominfo Bengkulu Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi persandian dalam Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dan peningkatan kompetensi ASN yang pemegang akun email Sanapati.

Selain itu juga Bimtek tersebut dimaksudkan juga untuk penerapan digital signature (tanda tangan elektronik) dalam sistem Pemerintahan Daerah. “Yang pastinya SDM yang mengelola bidang persandian harus tahu betul Tupoksinya dan fungsi dari email Sanapati supaya kerahasian informasi kabupaten tetap aman,” terang Effi, Selasa (18/6).

Ditambahkan Effi, sosialisasi diharapkan agar seluruh pengelola email Sanapati menyadari betapa pentingnya pengamanan informasi. “Pemanfaatan email Sanapati harus dimaksimalkan betul untuk mendukung tugas di OPD BS,” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

1.200 Warga Terancam Golput

KOTA MANNA -Sebanyak 1.200 warga Kabupaten Bengkulu Selatan saat ini belum rekam e-KTP. Hal ini ...

error: Content is protected !!