Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Petugas Kebersihan Pakai Jasa Pihak Ketiga

Petugas Kebersihan Pakai Jasa Pihak Ketiga

KEBERSIHAN: Petugas kebersihan dari DLH Kepahiang sedang memungut sampah di lingkungan kantor Bupati Kepahiang.(foto: ARIE/RB)

KEPAHIANG – Rencana untuk penghapusan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Kepahiang, mulai akan dilakukan. Selain saat ini sedang mempersiapkan rencana perekrutan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K), Pemkab Kepahiang juga sudah mencarikan solusi untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepahiang, mengenai petugas kebersihan yang tidak masuk dalam formasi perekrutan PPPK ke depannya.

Salah satu langkah yang akan diambil Pemkab Kepahiang adalah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk tenaga kebersihan atau dengan istilah lain outsourcing. Pemkab Kepahiang membuka kesempatan bagi perusahaan outsourcing yang ada di kabupaten ini dan sekitarnya untuk mendaftarkan diri ke Pemkab untuk pengadaan jasa tenaga kebersihan di lingkungan Pemkab Kepahiang.

Diungkapkan Sekda Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM, pada dasarnya sistem outsourcing bisa diterapkan di Kabupaten Kepahiang. Hanya saja saat ini yang menjadi kendala apakah ada pihak ketiga yang sanggup dan siap untuk bekerjasama. “Kalau memang ada pihak ketiga yang siap bekerjasama dengan Pemkab Kepahiang, maka kita akan sangat menyambut baik hal itu. Silakan mendaftar dan akan kita usulkan proses lelang pihak ketiga nantinya,” terang Sekda.

Diakui Sekda, melibatkan pihak ketiga untuk penyediaan jasa tenaga kebersihan merupakan langkah yang sangat bagus untuk Kabupaten Kepahiang. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia saat ini sudah banyak yang menggunakan jasa tenaga kebersihan melalui pihak ketiga, dan hal tersebut tidak bertabrakan dengan aturan yang berlaku. “Hanya saja nanti anggaran untuk tenaga kebersihan ini tentu akan kita atur kembali. Yang sebelumnya ada di alokasi anggaran honorer, mungkin ke depannya kita alokasikan di anggaran kebersihan kota. Jadi seluruh yang terkait tenaga kebersihan, baik kota maupun kantor, bisa kita kerjasamakan dengan pihak ketiga,” ungkapnya.

Terkait kapan akan diterapkannya hal tersebut, Sekda mengatakan saat ini pihaknya masih akan merancang beberapa konsep mengenai sumber daya manusia di lingkungan Pemkab Kepahiang. Karena diketahui selain mempersiapkan perekrutan PPPK, Pemkab Kepahiang saat ini juga tengah mempersiapkan rencana perekrutan CPNS tahun 2019. “Kita rancang dan kaji dahulu seperti apa sistemnya nanti. Kita juga akan koordinasi dengan DPRD Kepahiang. Tentunya akan melihat seperti apa kesuskesan sistem ini dari beberapa daerah yang sudah menerapkannya,” bebernya.(sly)

Berita Lainnya

Prioritaskan Pembenahan Mutu

KEPAHIANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang, saat ini sedang memfokuskan pembenahan pada ...

error: Content is protected !!