Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 1.591 KPM Belum Nikmati Rastra

1.591 KPM Belum Nikmati Rastra

Zulfan Efenddi

CURUP – Meskipun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai pengganti beras miskin (raskin) atau beras sejahtera (rastra) sudah bergulir sejak 2018 lalu, namun dari jumlah keseluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM), ada 1.591 KPM yang belum memegang kartu. Akibatnya sejak terdaftar sebagai KPM untuk BPNT, mereka belum bisa mengambilnya.

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Zulfan Efenddi, SE, MM kepada RB, hal ini terjadi lantaran 1.591 KPM tersebut terlambat atau belum melakukan registrasi hingga batas waktu yang ditentukan Mei 2018 lalu. Akibatnya mereka tidak teregistrasi dan tidak mendapatkan kartu.

‘’Jadi meskipun mereka masuk dalam daftar KPM untuk BPNT, namun karena belum teregistrasi dan tidak mendapatkan kartu, maka mereka belum bisa mengambil BPNT. Ini sudah kita laporkan sejak tahun lalu, baik ke BRI maupun ke Kementerian Sosial dan masih menunggu solusi penyelesaian,’’ terang Zulfan.

Mereka berharap, lanjut Zulfan, seluruh KPM yang belum teregistrasi tersebut bisa tetap mendapatkan hak mereka. Meskipun nantinya dengan teknis dirapel atau teknis lainnya, terpenting KPM bisa mendapatkan BPNT yang sudah menjadi hak mereka. ‘’Kita akan terus berupaya agar seluruh KPM yang terdaftar bisa menapatkan hak BPNT mereka,’’ lanjut Zulfan.

Ditambahkan Zulfan, kendala lain, mereka masih sering mendapatkan laporan dari KPM saat akan mencairkan BPNT mereka. Terkadang ada beberapa KPM melapor saldo mereka nol. Padahal saat tanggal 25 setiap bulannya sudah dijadwalkan bisa mengambil BPNT. Total seluruh KPM mencapai 17.300 dan yang sudah memiliki kartu sebanyak 15.709 KPM.

‘’Kalau dari pihak bank, salah satunya terkadang karena kendala jaringan. Tapi sejauh ini KPM yang sudah teregistrasi dan memegang kartu bisa mencairkan BPNT mereka. Dan untuk tahun ini atau Januari-Mei tidak ada kendala, tinggal lagi kita terus mengupayakan 1.591 KPM yang belum teregistrasi bisa segera mendapatkan kartu mereka untuk bisa mencairkan BPNT,’’ demikian Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Jaga Bicara, Prilaku dan Keamanan

CURUP – Bupati Rejang Lebong (RL) Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si mengimbau kepada seluruh ...

error: Content is protected !!