Kamis , 18 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 4 Alat Berat Milik Pemkab MM Mangkrak

4 Alat Berat Milik Pemkab MM Mangkrak

Ruri Irwandi

MUKOMUKO – Jika milik swasta, aset berupa alat berat banyak pemasukannya. Tapi yang terjadi di Pemkab Mukomuko, ada empat unit alat berat mangkrak, atau dibiarkan tidak bisa dioperasikan.

Dalihnya, tiga unit alat berat kondisinya rusak. Dan satu unit lagi dalam kondisinya tak bisa hidup. Ini dibenarkan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Ruri Irwandi, ST, MT.

Alat berat yang rusak terdiri 1 unit jenis bulldozer, 1 unit jenis grader atau alat berat yang biasa digunakan untuk meratakan permukaan, dan 1 unit jenis vibro atau alat berat yang digunakan untuk menggilas. Dan alat berat yang kondisinya macet yakni eksavator atau alat berat untuk menggali atau pengangkat material.

Diklaim Ruri alat berat tersebut rusak karena termakan usia. Meskipun Pemkab Mukomuko menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk pengadaannya.

“Alat berat ini pengadaannya sekitar tahun 2007. Sekarang tahun 2019, jadi wajar saja kalau sudah kondisinya rusak. Ada 1 unit eksavator kondisinya hanya tinggal 50 persen. Kalau dipakai untuk kerja ada saja yang rusak,” terang Ruri.

Untuk dilakukan perbaikan dengan sejumlah alat berat tersebut, butuh dana yang tidak sedikit. Sekarang sejumlah alat berat itu teronggok di workshop Dinas PUPR Mukomuko. Belum diketahui berapa anggaran dibutuhkan untuk perbaikan alat berat tersebut.

‘’Beberapa waktu yang lalu, tim sudah coba menghitung anggaran yang dibutuhkan. Namun saya kurang tahu, berapa anggaran yang dibutuhkan kalau alat tersebut diperbaiki. Lagi pula semua elemen pada alat berat itu sudah tua,” jelasnya.

Ruri memastikan, sepanjang alat berat itu rusak tak akan bisa menyumbang pendapatan untuk daerah. Sebab alat tersebit memang tidak bekerja,” ujarnya.(hue)

Berita Lainnya

Mukomuko Usul 150 CPNS

MUKOMUKO – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Jawoto, S.Pd, SE, ...

error: Content is protected !!