Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Kaur / Dua Tahun, 117 PNS Kaur Pensiun

Dua Tahun, 117 PNS Kaur Pensiun

BAHAS: Sekretaris BKD dan PSDM Kaur saat membahas persoalan jumlah PNS di salah satu bidang di BKD dan PSDM.(albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Dalam kurun waktu dua tahun, yakni dari 2019 hingga 2020 mendatang, tercatat ada 117 PNS di Kabupaten Kaur yang memasuki masa pensiun. Banyaknya PNS yang pensiun tersebut membuat Pemkab Kaur dipusingkan dengan kekurangan jumlah PNS di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bandar Lampung tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun RB, tahun 2019 ini ada sekitar 51 PNS yang pensiun terdiri dari satu pejabat eselon II, 2 pejabat eselon III, 8 pejabat eselon IV, 29 PNS fungsional dan 11 PNS lainnya seperti  PNS guru. Sementara itu pada tahun 2020 yang akan datang jumlah PNS Kaur yang pensiun jumlahnya lebih banyak lagi. Rinciannya, satu orang pejabat II, 4 pejabat eselon III, 7 pejabat eselon IV, 36 pejabat fungsional dan 18 PNS guru lain sebagainya. Hingga totalnya sebanyak 66 PNS.

“Untuk PNS yang pensiun tahun ini, satu persatu mulai berhenti sejak Januari hingga Desember 2019,” ungkap Sekretaris BKD dan PSDM Kaur Sipta Miarip kepada RB Rabu (20/6). Dengan banyaknya PNS pensiun setiap tahunnya maka BKD dan PSDM Kaur saat ini memperketat PNS yang mau pindah keluar dari Kaur.

Bahkan untuk PNS pindah saat ini tidak seperti sebelumnya, karena ditakutkan banyak PNS keluar ke daerah ketimbang PNS yang masuk bertugas di Kaur. Bahkan untuk mengantisipasi kekurangan PNS, Pemkab Kau menerapkan aturan ketat untuk CPNS, yaitu tidak boleh mengajukan usulan pindah dari Kaur sebelum 10 tahun mengabdi di Kaur. Hal ini juga menjadi syarat bagi pelamar CPNS di Kaur tahun yang lalu dan juga tahun-tahun ke depannya.

“Kita pasti akan membatasi PNS yang pindah dan untuk mengatasi kekurangan PNS makanya tahun ini kita juga mengajukan permohonan penerimaan CPNS dan PPPK. Dan mudah-mudahan kuota CPNS dan PPPK di Kaur bisa lebih banyak dari tahun 2018 yang lalu,” pungkas Sekretaris BKD dan PSDM Kaur.(cik)

Berita Lainnya

Tiga Calon Bupati Bersaing Raih Dukungan Parpol

KOTA BINTUHAN –  Walaupun belum semua parpol membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati (Cabup) ...

error: Content is protected !!