Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Seluma / Hanya 4 Unit Damkar

Hanya 4 Unit Damkar

BESI TUA:  Satu unit mobil Damkar yang telah rusak dan berkarat, terjemur di halaman belakang Kantor BPBD Seluma(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Kakan Satpol PP dan Damkar Seluma, Hadi Sanjaya, SH mengatakan pihaknya masih membutuhkan sedikitnya 10 unit mobil Pemadam Bahaya Kebakaran (Damkar) untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Seluma. Untuk diketahui saat ini Damkar Seluma hanya memiliki empat unit truk tangki pemadam bahaya kebakaran (PBK) guna melayani masyarakat Kabupaten Seluma.

‘’Bila 10 unit ini terpenuhi, maka setiap kecamatan akan kita siagakan satu mobil damkar. Dengan demikian bila terjadi kebakaran, akan lebih maksimal dan cepat penanganannya,’’ jelas Hadi.

Adapun empat unit mobil damkar yang ada saat ini, hanya dua unit yang terparkir di Kantor Satpol PP dan Damkar Seluma. Sedangkan dua unit lagi disiagakan di Kantor Kecamatan Sukaraja dan Talo sebagai antisipasi jika terjadi musibah kebakaran di dua kecamatan tersebut dan kecamatan terdekat. ‘’Kalau yang dua unit lagi sebagai back up jika terjadi kebakaran langsung diturunkan untuk diperbantukan ke lokasi kebakaran,” kata Hadi.

Untuk mencukupi kebutuhan mobil Damkar ini kata Hadi, dirinya akan mencoba mengajukan di APBD 2020 mendatang. Kalau di APBD Perubahan sudah tidak memungkinkan lagi karena sudah akan dilakukan pembahasan di DPRD Seluma.

‘’Terkait rencana ini kita akan konsultasikan dulu dengan pak bupati dan sekda. Kami tidak memaksakan 10 unit mobil Damkar ini dianggarkan sekaligus dalam satu tahun, tetapi bertahap sesuai dengan kemampuan APBD kita,’’ sampainya.

Dengan jumlah armada PBK yang ada saat ini kata Hadi, pihaknya terkadang mengalami kendala saat melakukan pemadaman api jika ada musibah kebakaran. Kalau jarak tempuhnya jauh, tentu untuk memadamkan api memakan waktu cukup lama. Sehingga jika armada ini telah terpenui pelayanan terhadap masyarakat dapat semakin ditingkatkan.

‘’Kami telah banyak mendengar keluhan masyarakat terkait pelayanan pemadaman kebakaran. Terkadang memang bukan sepenuhnya kesalahan kami, karena memang jarak tempuhnya yang memang jauh. Sehingga jika di setiap kecamatan telah disiagakan mobil Damkar, pelayanan kami akan lebih maksimal dalam melayani masyarakat,” demikian Hadi.(aba)

Berita Lainnya

Rafflesia Mekar Sempurna di Desa Simpang

SELUMA UTARA – Untuk kali kedua Bunga langka Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Kabupaten Seluma. ...

error: Content is protected !!