Jumat , 19 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Mukomuko Kekurangan 436 Guru dan 149 TU

Mukomuko Kekurangan 436 Guru dan 149 TU

CEK: Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah IV Mukomuko Jasni Bahari kunjungi sekolah.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko membutuhkan ratusan guru PNS. Khususnya untuk sekolah menengah atas (SMA) serta sekolah menengah kejuruan (SMK).

Kekurangan guru itu mencapai 436 guru. Ini dibenarkan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Wilayah IV Kabupaten Mukomuko, Jasni Bahari, S.Pd, Rabu (19/6).

Akibat kekurangan jumlah guru yang begitu banyak, sekolah-sekolah dengan terpaksa merekrut guru berstatus guru tidak tetap (GTT). Dimana honornya dibebankan dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Lalu ditambah dengan guru yang direkrut berstatus guru bantu daerah (GBD). Honor mereka dibayar dari APBD Pemprov Bengkulu.

Kekurangan pegawai PNS juga terjadi untuk tenaga tata usaha (TU). Jumlah kekurangan mencampai 149 orang. Sehingga guna menutup kekurangan itu, sama halnya juga dilakukan sekolah, seperti menutupi kekurangan guru.

“Kita sangat kekurangan guru. Jumlah guru kita masih sedikit, apalagi guru berstatus PNS. Termasuk tenaga TU juga,’’ kata Jasni didampingi Plt. Kasi SMA, Harmen, S.Pd.

Dijelaskan, jumlah guru PNS di SMA dan SMK di Kabupaten Mukomuko hanya 283 guru. Ini tersebar di 16 SMA Negeri sebanyak 195 guru, di 6 SMK Negeri 81 guru dan di 1 SLB Negeri 7 guru. Sedangkan TU PNS di SMA 12 orang, dan di SMK hanya 3 orang.

Kekurangan terbanyak ada tingkat SMA. Dan dibutuhkan setidaknya 267 guru untuk SMA dan 152 guru di SMK. Sedangkan kekurangan tenaga TU, SMA butuh 101 tenaga TU PNS dan 42 tenaga TU PNS untuk SMK.

“Kalau kondisi sekarang ini dibantu adanya GBD, GTT, PTD, dan PTT. Tetapi honor yang mereka terima tak sebanding. Ditambah lagi tidak bisa dibayar setiap bulan,” ungkap Jasni.

Rekor SMA dengan jumlah guru PNS terbanyak dimiliki SMAN 1 Mukomuko yakni 30 guru. Di SMA 3 Mukomuko 26 guru dan di SMAN 2 Mukomuko sebanyak 25 guru.

“Sedangkan SMA lain kurang dari 20 orang. Bahkan ada yang kurang dari 10 guru. Misal di SMAN 14 Mukomuko hanya 2 guru PNS, SMAN 16 Mukomuko hanya 4 guru PNS, dan SMAN 11 serta SMAN 15 Mukomuko masing-masing hanya 5 guru PNS. Padahal jumlah muridnya cukup banyak,” papar Jasni.

Demikian juga dengan SMK. Adapun SMK yang memiliki guru PNS terbanyak di SMKN 1 dan SMKN 3 Mukomuko masing-masing memiliki 25 guru PNS. Sedangkan SMKN 2 Mukomuko 19 guru PNS, SMKN 4 Mukomuko 8 guru PNS, SMKN 6 Mukomuko 3 guru dan SMKN 5 Mukomuko hanya 1 guru PNS.

“Padahal SMK ini butuh guru banyak, karena dengan jurusan yang dibuka. Kita bersyukur adanya tambahan guru yang dari bersumber penerimaan CPNS tahun 2018 dari Pemprov. Tapi masih jauh dari kata cukup,” demikian Jasni.(hue)

Berita Lainnya

Batal Datangkan UAS

MUKOMUKO –Dipastikan Pemkab Mukomuko batal datangkan Ustadz Abdul Somad, Lc, MA (UAS) untuk mengisi Tabligh ...

error: Content is protected !!