Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penanganan Sekolah Butuh Rp 60 Miliar

Penanganan Sekolah Butuh Rp 60 Miliar

MUKOMUKO – Ratusan sekolah di Kabupaten Mukomuko butuh penanganan serius. Meski sebagian besar sudah masuk kategori layak, tapi beberapa bagian bangunan sangat perlu perbaikan. Selain itu juga butuh tambahan sarana dan prasarana (Sarpras) pendukung. Termasuk butuh penambahan ruang kelas baru (RKB).

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Subaryadi, S.Pd, mengatakan untuk penanganan gedung sekolah itu butuh dana setidaknya Rp 60 miliar. Ini berdasar hitungan saat melakukan pengecekan kondisi dan kebutuhan terbaru di masing-masing sekolah.

“Perkiraan dari kondisi di lapangan bisa mencapai Rp 60 miliar kebutuhannya. Jadi cukup banyak butuh dana,” kata Subaryadi saat ditemui RB di ruang kerjanya Rabu (19/6).

Dari jumlah tersebut, sekitar Rp 36 miliar dibutuhkan khusus untuk penanganan sekolah dasar (SD). Selebihnya sekolah menengah pertama (SMP). Untuk kebutuhan dana ini sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Diharapkan pengajuan ini dapat dikabulkan Kemendikbud. Yang memasukkan plot anggaran pada Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

“Semoga bisa masuk DAK Bidang Pendidikan, khususnya untuk kegiatan Pendidikan Dasar,” kata Subaryadi.

Tahun ini Pemkab Mukomuko hanya mendapat DAK Bidang Pendidikan total Rp 7,8 miliar. Terbagi DAK Bidang Pendidikan SD Rp 5,02 miliar, dan DAK Bidang Pendidikan SMP Rp 1,5 miliar. Serta DAK Bidang Pendidikan SKB Rp 1,3 miliar.

Ditambahkan pihaknya belajar dengan daerah lain, bagaimana strategi untuk mendapatkan DAK dengan jumlah banyak. Ini supaya untuk Kabupaten Mukomuko juga mendapat DAK dalam jumlah besar.

“Bahkan tahun ini akibat minim DAK Bidang Pendidikan ini Pemkab harus mengalokasikan cukup besar khusus dari dana alokasi umum (DAU) untuk penanganan sekolah.,” demikian Subaryadi.(hue)

Berita Lainnya

Sambar Truk, Warga Ipuh Tewas

MUKOMUKO – Jembatan Jalinbar Sumatera di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, kembali menelan korban ...

error: Content is protected !!