Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Satu Lagi Pimpinan Koperasi Dipenjara

Satu Lagi Pimpinan Koperasi Dipenjara

DITAHAN: Pimpinan koperasi simpan pinjam yang kini ditahan polisi.(foto: shandy/rb)

ULOK KUPOI – Setelah kasus penipuan bernilai miliaran rupiah yang dilakukan Koperasi BMT L-Risma Putri Hijau, kali ini satu lagi mantan kepala unit koperasi simpan pinjam yang dijebloskan ke penjara. Kali ini CM (30), oknum Kepala Unit Koperasi Sehati Makmur Abadi yang berurusan dengan polisi.

Ia dilaporkan Andi Zuliadi selaku pimpinannya ke polisi lantaran kecurangannya terungkap. Ia diduga menggelapkan uang Rp 390 juta dengan modus menggunakan nama anggota koperasi untuk meminjam uang ke koperasi tersebut. Setelah menggunakan nama anggota koperasi dan mencairkan uang, pelaku setiap bulan mencatat adanya pemasukan angsuran hingga akhirnya lunas. Namun nyatanya uang tersebut tidak pernah masuk ke kas koperasi.

Kasus ini terungkap saat pelaku menyatakan keluar dari koperasi. Saat itu tim audit melakukan pemeriksaan dan diketahui ada kekurangan kas koperasi Rp 390 juta. Saat dikonfrimasi pada peminjam, peminjam yang namanya digunakan oleh pelaku mengaku tidak pernah mengajukan pinjaman.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP. M Jufri, S.IK mengatakan pelaku sudah mengakui adaya penipuan tersebut. Uang tersebut digunakan pelaku untuk kebutuhan sehari-harinya. “Pengakuan pelaku uang tersebut sudah dihabiskan. Kini pelaku kita lakukan penahan,” katanya.

Polisi juga masih melakukan pengembangan terkait kemungkinan pelaku sudah lebih dari satu kali melakukan perbuatan tersebut di kantornya. Sejauh ini polisi masih menemukan satu nama yang digunakan pelaku untuk membuat berkas pinjaman dan pembayaran fiktif. “Kita masih pengembangan bekerjasama dengan manajemen koperasi. Namun terkait kasus ini, kita sudah memiliki bukti yang cukup,” jelasnya.(qia)

Berita Lainnya

Berkas Audit Dana Desa Inspektorat Bertambah

ARGA MAKMUR – Belum lagi menuntaskan audit Dana Desa (DD) Taba Kelintang, Tanjung Kemenyan dan ...

error: Content is protected !!