Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Sekda Seluma Diperiksa Jaksa

Sekda Seluma Diperiksa Jaksa

Irihadi

SELUMA  – Kejari Seluma terus menggeber pengusutan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma seluas 43 hektare yang merupakan lahan Pasar Induk, Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur. Kamis (18/6) pukul 10.00 WIB giliran Sekda Seluma, Irihadi, M.Si menjalani pemeriksaan secara tertutup di ruang Kasi Pidsus.

Kajari Seluma, M. Ali Akbar, SH, MH melalui Kasi Pidsus, Sindu Hutomo, SH mengatakan pemeriksaan Irihadi dalam rangka meminta klarifikasi terkait aset lahan Pasar Induk Sembayat yang saat ini masih tumpang tindih status kepemilikannya. “Hanya klarifikasi, tidak ada yang lain,” kata Sindu.

Dijelaskan Sindu, lahan Pasar induk Sembayat seluas 48 hektare, dari hasil penyelidikan sudah ada yang disertifikatkan atas nama pribadi warga setempat. Sertifikat Hak Milik (SHM) diterbitkan oleh Agararia Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN) Seluma. Padahal jelas tanah tersebut adalah milik Pemkab Seluma yang telah dilakukan pembebasan pada tahun 2010 lalu. ‘’Saat ini kita masih pulbaket untuk mengusut perkara ini hingga tuntas,’’ sampai Sindu.

Lanjutnya, selain Sekda Seluma, masih ada beberapa Pejabat Seluma juga mantan Pejabat Seluma yang juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Hingga semua data yang diperlukan lengkap dan didapatkan Kejari Seluma. ‘’Masih ada beberapa pejabat yang akan kita panggil, selain itu juga mantan pejabat Seluma juga akan kita mintai keterangan,’’ sampai Sindu.

Sementara Sekda Seluma, Irihadi, M.Si usai pemeriksaan menyampaikan bahwa benar pemanggilan dan pemeriksaan terhadap dirinya untuk menklarifikasi aset  milik Pemkab Seluma di Kelurahan Sembayat.

‘’Iya, pihak kejari hanya mengklarifikasi terkait aset lahan Pasar Induk Sembayat yang saat ini sedang ada permasalahan dengan masyarakat,’’ terangnya.

Ketika ditanya lebih jauh terkait pertanyaan yang disampaikan saat pemeriksaan tersebut, Irihadi enggan berkomentar banyak. Dia hanya menyebutkan semua pertanyaan seputar lahan Pasar Induk Sembayat yang saat ini banyak dikuasai warga. ‘’Cuma itu saja, kalau secara rincinya saya tidak ingat lagi,’’ ucapnya sembari bergegas menaiki mobil meninggalkan Kantor Kejari Seluma.(aba)

Berita Lainnya

Usul 37,5 Persen Pajak Rokok Biayai Jamkesda

SELUMA – Penerimaan daerah dari pajak rokok yang diterima Kabupaten Seluma pada tahun 2018 terbilang ...

error: Content is protected !!