Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tidak Bayar THR, PT. JOP Disanksi

Tidak Bayar THR, PT. JOP Disanksi

ARGA MAKMUR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bengkulu Utara akan memanggil pimpinan perusahaan perkebunan karet PT. Julang Oca Permana (JOP). Hal ini dilakukan karena pihak perusahaan diduga tidak membayar Tunjangan Hari raya (THR) kepada hampir 150 karyawannya saat Idul Fitri lalu hingga saat ini.

Kadis Nakertrans Bengkulu Utara, Drs. Fahrudin menerangkan pemanggilan pimpinan perusahaan untuk melakukan klarifikasi. Ditegaskannya, pembayaran THR wajib dilakukan sesuai dengan Permen Nakertrans 6/2016 tentang THR. “Disebutkan THR itu wajib diberikan pada karyawan paling lambat H-7 hari raya,” tegasnya.

Jika benar terlambat dan hingga kini belum dibayar, perusahaan wajib membayarkan THR tersebut ditambah sanksi 5 persen yang diatur dalam Permen Nakertrans. Pemkab juga akan tetap memberikan sanksi teguran tertulis pada perusahaan. “Teguran akan kita tembuskan ke Pemprov Bengkulu dan Kementerian,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemkab juga berhak membatasi aktivitas perusahaan atau melakukan penghentian sementara aktivitas perusahaan sampai THR karyawan dibayar. Ia juga meminta karyawan melaporkan kejadian ini langsung ke Disnakertrans sebagai dasar dan memperkuat pemanggilan. “Selagi perusahaan tersebut berdiri dan melakukan produksi dalam hal ini hasil perkebunan, perusahaan wajib membayar THR tersebut. Untuk saat ini berikut denda 5 persen,” tandasnya.(qia)

Berita Lainnya

Berkas Audit Dana Desa Inspektorat Bertambah

ARGA MAKMUR – Belum lagi menuntaskan audit Dana Desa (DD) Taba Kelintang, Tanjung Kemenyan dan ...

error: Content is protected !!