Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / 315 PNS Bakal Pensiun

315 PNS Bakal Pensiun

PELABAI – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal terus berkurang. Hingga 2023, dipastikan jumlah PNS akan berkurang 315 orang karena masuk Masa Persiapan Pensiun (MPP).

‘’Artinya dengan jumlah PNS yang sekarang 2.595 jiwa, di tahun 2023 nanti tinggal 2.340 jiwa,’’ ujar Kabid Mutasi, Pengadaan Pegawai dan Informasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Adib Ropik, S.Sos.

Namun dalam realisasinya, versi Ropik, jumlah pengurangan PNS bisa lebih dari jumlah yang diprediksi berdasarkan pemetaan PNS yang masuk MPP. Antara lain akibat adanya PNS yang meninggal dunia atau pindah tugas ke luar Kabupaten Lebong. Oleh sebab itu, Pemkab Lebong tidak akan menyetujui pengurusan pindah tugas luar daerah setiap PNS Lebong.

‘’Mohon kiranya dapat dimaklumi oleh seluruh PNS karena Pemkab Lebong memang masih sangat kekurangan PNS,’’ tegas Ropik.

Dijelaskannya, berdasarkan Analisis Beban Kerja (ABK) Pemkab Lebong membutuhkan 5.825 tenaga PNS. Namun kebutuhan itu tidak bisa dipenuhi sekaligus karena perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak bisa dilaksanakan setiap tahun. Itupun kuota yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sangat terbatas.

‘’Seperti dalam perekrutan tahun 2018, Lebong hanya dapat 209 kuota dan yang terisi hanya 206,’’ ungkap Ropik.

Jika pemerintah pusat tidak juga menyetujui penambahan atas kekurangan tenaga PNS di Kabupaten Lebong, dipastikannya Pemkab Lebong tetap akan memberdayakan Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Seperti yang dilakukan tahun ini, Pemkab Lebong mengontrak 2.068 TKK untuk menutupi kekosongan jabatan kerja akibat jumlah PNS yang terbatas.

‘’Tahun ini kami mengusulkan perekrutan 1.008 tenaga pegawai. Rinciannya 302 tenaga CPNS dan 706 tenaga P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, red),’’ tutup Ropik.

Diketahui, jumlah yang diusulkan meliputi 24 formasi jabatan pimpinan tinggi dan administrasi, 463 formasi jabatan pelaksana dan 137 formasi jabatan fungsional non guru dan kesehatan. Selebihnya 146 formasi tenaga guru dan 238 formasi tenaga kesehatan.(sca)

Berita Lainnya

Listrik Gratis Untuk Warga Miskin

PELABAI – Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan memberikan bantuan berupa pemasangan jaringan listrik ...

error: Content is protected !!