Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Dana Kelurahan Ngendap

Dana Kelurahan Ngendap

KOTA BINTUHAN – Dana Kelurahan untuk tiga kelurahan di Kabupaten Kaur masih mengendap di kas daerah. Lantaran belum ada kelurahan yang mengajukan pencairan dana tersebut. Pencairan dana ini sendiri diajukan melalui camat ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur. Camat Kaur Tengah M Edian,  menjelaskan, mereka belum mengajukan pencairan dana kelurahan karena masih menunggu peraturan bupati (Perbup). Dalam waktu dekat mereka akan berkoordinasi dengan BKD Kaur terkait teknis pencairan. Supaya tidak meyalahi aturan kedepannya.

“Kita nunggu koordinasi dulu ada perbup atau tidak soal pencairan dana kelurahan ini. Disamping itu kita juga masih menunggu usulan dari kelurahan yang belum tuntas,” kata M Edian.

Tahap pertama dana kelurahan yang sudah berada di Kasda ini berjumlah Rp 500 juta untuk tiga kelurahan. Jumlah ini 50 persen dari total dana kelurahan. Sudah satu bulan dana kelurahan tersebut mengendap di kasda. Padahal sejak awal kelurahan terus mendesak agar mereka juga mendapatkan alokasi dana yang sama seperti desa.

Proses pencairan dana kelurahan tidak seperti desa. Pasalnya pengajuan dan usulan tidak dapat dilakukan oleh kelurahan langsung. Namun harus melalui pihak kecamatan. Nantinya dari kecamatan yang mengalokasikan dana pembangunan ke kelurahan yang ada di Kaur. Karena lambannya pengajuan hingga saat ini dana yang sudah siap belum juga terealisasi.

“Sampai saat ini dana kelurahan belum juga terealisasi dan masih ada di kasda, karena sejauh ini belum ada pengajuan. Kita ingatkan pihak kecamatan untuk cepat, karena paling lambat Agustus penyerapan dana kelurahan tahap pertama sudah harus tuntas,” kata Kabid Anggaran  BKD Kaur Irpilisisman kepada RB.

Untuk diketahui tiga kelurahan di Kaur yang saat ini sudah dapat mengajukan pencairan dana kelurahan ada tiga. Yaitu Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kaur Utara, Kelurahan Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah dan Kelurahan Bandar Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan.

Dana kelurahan dari APBN pada tahun 2019 ini mencapai Rp 1,1 miliar lebih. Dana tersebut untuk tiga kelurahan. Atau setiap kelurahan mencapai Rp 350 juta per tahunnya. Pencairan dana kelurahan ini dibagi dua tahap, masing-masing 50 persen.(cik)

Berita Lainnya

Ketua RT Segera Gajian

KOTA BINTUHAN – Dalam waktu dekat ini gaji ketua Rukun Tetangga (RT) akan segera dibayarkan. ...

error: Content is protected !!