Rabu , 22 Januari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Guru Sulit Naik Pangkat

Guru Sulit Naik Pangkat

Marjohan

MUKOMUKO –  Guru berstatus PNS harus bersedia dipindah tugas kemanapun, mengabdi di wilayah Kabupaten Mukomuko. Jika tidak, atau guru itu menolak untuk pindah, maka guru yang bersangkutan tidak bisa diusulkan untuk naik pangkat. Sehingga pangkatnya bisa mandeg digolongan terakhir yang sudah dicapainya.

“Guru yang hanya menetap di salah satu sekolah di satu Kecamatan dan tidak pindah. Dipastikan guru itu, ketika akan mengurus kenaikan pangkat, tidak bisa diproses,” ujar Sekda Mukomuko Drs. Marjohan.

Informasi ini kata Sekda, diperoleh pihaknya dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Meski belum sekarang, tapi ketentuan ini tengah dibahas di pemerintah pusat.

“Ini merupakan informasi awal saja. Bahwa kalau ada mutasi guru, bukan dikarenakan ada hal-hal lain. Melainkan karena kita membantu guru. Agar guru itu nanti, diproses kenaikan pangkat dapat lebih mudah. Dan guru itu tidak stagnan pangkatnya,” terang Sekda.

Dan ini kata Sekda, bukan hal yang baru. Sebab sebelum diangkat menjadi PNS, guru sudah membuat pernyataan siap ditempatkan dimanapun. Bahkan tidak hanya guru, tapi juga PNS lainnya.

Dicontohkan Sekda, awalnya guru itu diamanahkan mengabdi di sekolah yang lokasinya di pusat ibukota kabupaten. Kemudian, guru itu dipindahkan ke sekolah yang jauh dari pusat ibukota kabupaten. Mutasi ini harus dilaksanakan guru yang bersangkutan, tanpa perlu melakukan protes atau lainnya.

“Maka guru tersebut diharapkan tetap menjalankan tugas dan fungsinya. Kita sebagai PNS siap ditempatkan dan ditugaskan dimanapun,” pungkas Sekda. (hue)

Berita Lainnya

Ali: Praktik Union Busting Haram

MUKOMUKO – Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE menyatakan, praktik Union Busting, haram dilakukan. ...