Senin , 19 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pengembangan Toga di Desa

Pengembangan Toga di Desa

Iskandar Az

KOTA MANNA – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengupayakan penggunaan Dana Desa (DD) bisa mengakomidir pengembangan Tanaman Obat dan Tanaman Keluarga (Toga). Sehingga setiap desa di Kabupaten Bengkulu Selatan wajib memiliki Toga yang akan diberdayakan melalui program ketahanan pangan desa.

Setelah sukses meretas desa rawan pangan, Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan mulai menyusun program Toga di 142 desa yang tersebar di 11 kecamatan.  Bahkan saat Ini Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan juga sedang mengupayakan penggunaan DD agar bisa mengakomodir pengembangan tanaman obat dan keluarga di masing-masing desa.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Iskandar Az mengatakan menjelaskan, program pengembangan Toga ini memang menjadi salah satu upaya pelestarian pengobatan herbal yang sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat di Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini pihaknya sudah menyosialisasikan terkait dengan kewajiban desa guna pengembangan Toga di masing-masing desa.

Bahkan untuk pendanaan pengembangan Toga, pihaknya akan berkoordinasi bersama bupati Bengkulu Selatan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa agar bisa memberikan plot khusus dalam pengembangan Toga.

“Ya untuk mendukung itu semua kita koordinasikan dahulu dengan pak Gusnan, supaya ada anggaran khusus nantinya untuk mewujudkan Toga di desa,” terang Iskandar, Selasa (25/6).

Sehingga dengan adanya kebijakan penggunaan DD sebagai upaya pengembangan Toga, maka tidak ada lagi hambatan dalam pembudidayaan Toga. “Kita harapkan ini bisa berjalan dan masyarakat nanti bisa melihat sendiri hasilnya,” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

SDM Unggul Bukti Kebangkitan Bangsa

KOTA MANNA  – Kemeriahan HUT RI ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dimaknai ...

error: Content is protected !!