Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Siswa SD dan SMP Dapat Seragam Baru

Siswa SD dan SMP Dapat Seragam Baru

Titin Suwarni

KOTA MANNA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sudah mencairkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa) pada Juni ini ke seluruh SD hingga SMP. Dipastikan siswa punya seragam baru. Sebab, pembelian seragam sekolah bagi siswa sudah dialokasikan dari dana BOSDa.

Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Titin Suwarni, M.Si mengatakan, Dikbud telah menyalurkan BOSDa 100 persen ke rekening sekolah baik SD maupun SMP. Pihak sekolah diminta membelanjakan dana BOSDa sesuai dengan petunjuk teknis pembelanjaan dana BOSDa sesuai dengan peraturan bupati.

“Teknis pembelanjaannya diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Tugas Dikbud menyalurkan dan mengawasi serta menerima laporan alokasi dana sesuai pertuntukan,” jelas Titin, Selasa (25/6).

Dijelaskannya, dana BOSDa senilai Rp 4,2 miliar dari dana APBD TA 2019 itu disalurkan untuk jenjang SD dan SMP sederajat. Dana tersebut digunakan untuk untuk pengadaan seragam sekolah dan perlengkapan sekolah bagi siswa yang kurang mampu. Kemudian untuk belanja laptop atau komputer sekolah dan untuk kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan kegiatan kesiswaan.

“Ini diprioritaskan untuk perlengkapan siswa kurang mampu. Setelah itu baru kebutuhan sekolah yang lainnya,” bebernya

Pihak Dikbud berharap masing-masing sekolah mengalokasikan dana BOSDa sesuai peruntukannya. Karena telah diatur dalam Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 03 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati BS Nomor 07 Tahun 2018 tentang BOSDa jenjang SD dan SMP di BS.

“Pihak sekolah jangan mencari untung dari bantuan ini. Kami akan terus mengawasinya. Jangan sampai ada yang tersandung hukum,” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

Bebas, Reskan Siap Maju Pilkada

PASAR MANNA – Usai menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Manna selama 32 bulan, ...

error: Content is protected !!