Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Terdakwa Korupsi Lampu Jalan Kembalikan Kerugian Negara

Terdakwa Korupsi Lampu Jalan Kembalikan Kerugian Negara

DIKEMBALIKAN: Jaksa didampingi Kasi Intel dan Kasi Pidsus menunjukkan uang Rp 50 juta yang dikembalikan salah satu terdakwa korupsi proyek pengadaan lampu jalan, Selasa (25/6).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Bambang Hermanto yang merupakan salah satu dari lima terdakwa korupsi proyek pengadaan lampu jalan di Dinas Kehutanan & Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bengkulu Selatan (BS) tahun 2016, kemarin (25/6) mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 50 juta ke kas negara. Uang itu diserahkannya ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bengkulu Selatan.

“Hari ini (kemarin, red) kami menerima uang titipan kerugian negara dari terdakwa Bambang Hermanto dalam perkara korupsi proyek lampu jalan,” kata Kasi Intel Kejari Bengkulu Selatan, Riky Musriza, MH didampingi Kasi Pidsus, Marjek Ravilo, SH, Selasa (25/6).

Pengembalian kerugian negara merupakan hak terdakwa. Itu sangat wajar dilakukan jika terdakwa hendak mendapat keringanan hukuman. Karena dalam penindakan perkara korupsi, penyelamatan uang negara adalah prioritas utama. Meski begitu, proses hukum tetap akan berlanjut.

“Pengembalian kerugian negara akan menjadi pertimbangan bagi kami saat tuntutan nanti. Tentu akan menjadi pertimbangan yang meringankan bagi terdakwa,” sambungnya.

Untuk diketahui, persidangan perkara korupsi proyek pengadaan lampu jalan di Dinas Kehutanan dan ESDM Bengkulu Selatan saat ini masih berjalan di Pengadilan Tipikor Bengkulu. Jaksa masih menghadirkan sejumlah saksi dalam kasus tersebut.

Sekedar mengingatkan, dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan lampu jalan yang menjerat lima tersangka adalah pemasangan lampu jalan sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani yang dianggarkan di APBD Bengkulu Selatan tahun anggaran 2016 lalu sebesar Rp 1,3 miliar. Namun dalam realisasinya, diduga banyak penyimpangan, sehingga proyek tersebut diusut polisi. Dari hasil audit BPKP ditemukan kerugian negara sebesar Rp 346.874.582. (tek)

Berita Lainnya

Pengguna Narkotika di Bengkulu Selatan Masih Tinggi

KOTA MANNA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), AKBP. Ali Imron, ...

error: Content is protected !!