Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tim Gabungan Cek Kandang Ayam Potong

Tim Gabungan Cek Kandang Ayam Potong

DATANGI: Tim gabungan Pemkab Bengkulu Selatan mendatangi pemilik peternak ayam potong yang dikeluhkan masyarakat di Pino Raya, kemarin (25/6).(foto: rio/rb)

PINO RAYA – Dianggap meresahkan, tim gabungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS) dari Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, anggota Koramil 05 Manna dan Kapolsek Pino Raya, AKP Syafrizal mendatangi peternakan ayam potong di Desa Tungkal I Kecamatan Pino Raya, Selasa (25/6).

“Tim gabungan memantau langsung lokasi peternakan ayam potong milik Ujang Alwis dan memberi pengarahan pada peternak ayam potong agar tidak terjadi konflik dengan masyarakat sekitar,” terang Kabid Peternakan Dinas Pertanian BS, Inbima Kasiri, Selasa (25/6).

Setelah dipantau langsung oleh tim gabungan, ternyata lokasi peternakan tidak sesuai  ketentuan karena terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Seharusnya jarak ideal antara pemukiman penduduk dengan lokasi peternakan yakni 5 kilometer.  “Bukan hanya itu saja lokasi peternakan terlihat kotor diakibatkan kurang maksimal dalam melakukan pembersihan kandang,” bebernya.

Teguran pun disampaikan pada pemilik kandang. Tim gabungan mewajibkan setiap pemilik kandang ayam potong menjamin sanitasi kandang. Meliputi kebersihan kandang dan memastikan tidak ada genangan air di sekitar kandang. Kemudian, pemilik kandang wajib membersihkan kandang setiap empat hari satu kali. Khususnya di bawah kandang yang menjadi tempat pembuangan kotoran ayam. Karena di sanalah sumber lalat datang.

“Yang perlu dilakukan oleh pemilik kandang pasang jaring mengatasi lalat, struktur kandang harus tertutup supaya lalat tidak bisa masuk dan mengangkut bau busuk,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pino Raya, Efredy Gunawan, S.STP, M.Si meminta pada peternak ayam melaksanakan poin yang disampaikan oleh tim gabungan, sebab bila tidak takutnya ada konflik antara masyarakat dan pemilik kandang.

“Yang jelas tim gabungan ini nantinya akan memonitoring pascapemantauan tim gabungan. Harapannya pada masyarakat jangan sampai melakukan tindakan main hakim sendiri,” pungkasnya. (tek)

Berita Lainnya

Bebas, Reskan Siap Maju Pilkada

PASAR MANNA – Usai menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Manna selama 32 bulan, ...

error: Content is protected !!