Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pedagang Mulai Ditertibkan

Pedagang Mulai Ditertibkan

PENERTIBAN: Anggota Satpol PP menertibkan pedagang di Pasar Purwodadi, Rabu (26/6).(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Dinas Perdagangan Bengkulu Utara bekerjasama dengan Satpol PP mulai melakukan penertiban pedagang di Pasar Purwodadi Arga Makmur. Penertiban ini dilakukan mendekati masa penilaian Adipura yang akan dilakukan di Kota Arga Makmur. Pasar menjadi salah satu item penilaian yang tinggi.

Penertiban kemarin dilakukan secara persuasif. Pedagang yang berjualan di luar batas lapak atau kawasan jalan umum, ditertibkan. Mereka diminta pindah sendiri dan berjualan di lapak yang sudah disediakan.

Kadis Pedagangan Bengkulu Utara, Zulkarnain, SH, MH menerangkan dengan penertiban ini diharapkan pedagang sadar kesalahan mereka dan pindah sendiri. Namun jika pedagang masih membandel, penertiban berikutnya akan lebih tegas lagi dilakukan. “Jika masih bandel, penertiban berikutnya akan kita lakukan pemindahan langsung serta lapak, papan dan terpal yang digunakan kita sita,” tegas Zulkarnain.

Ia meminta pedagang berjualan sesuai lapak yang sudah disiapkan. Dengan seluruh pedagang masuk ke dalam psar, maka dengan sendirinya pembeli akan ikut masuk ke dalam untuk berbelanja. Selain itu kawasan untuk jalan pembeli juga lebih nyaman. “Saat ini kita lihat pedagang sudah ada di badan jalan. Sehingga pembeli juga sulit untuk melintas. Yang dirugikan pedagang itu sendiri,” katanya.

Penilaian Adipura tahap I akan dilakulan dalam satu bulan ini. Pasar, terminal, Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah menjadi item nilai tertinggi dalam penilaian. Selain itu, trotoar dan fasilitas umum kenyamanan masyarakat lainnya juga dinilai.(qia)

Berita Lainnya

Bupati Minta Segera Bentuk Dewan Pendidikan

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian memerintahkan Dinas Pendidikan segera membentuk Dewan ...

error: Content is protected !!