Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Replanting Sawit Diminati

Replanting Sawit Diminati

Gusnan Mulyadi

KOTA MANNA – Dengan ada program peremajaan kelapa sawit (replanting) setidaknya sudah ada 62 hektar kebun kelapa sawit masyarakt didaftarkan. Ini dikatakan Kasi Pembibitan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Betharia Sri Rahayu.

Dari 62 hektare lahan sawit yang terdaftar itu, lokasinya di Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang Ilir. Juga ada Pino Raya. Tetapi, hingga saat ini datanya masih dirinci dulu berapa hektare yang berada di Pino Raya.

‘’Ya untuk saat ini yang paling banyak ada di Kedurang lahan yang bakal replanting,’’ papar Betharia.

Sekedar diketahui, lahan seluas 62 hektare pada Air Sulau itu sudah dilengkapi dengan persyaratan awal seperti foto kopi KTP dan  Kartu Keluarga (KK) serta Surat Keterangan Lahan.

Tetapi untuk lahan yang bisa di replanting itu, di dalam suatu desa itu, harus miliki standar minimal seluas 50 hektare. Dan ini sebagai persyaratan umumnya.

‘’Yang jelas, meski tidak dalam satu desa, lahan yang dapat di replanting harus dekat dengan lahan yang lainnya. Dalam radius 10 kilometer,” beber Betharia.

Perlu diketahui, program replanting kelapa sawit ini, diperuntukkan bagi kebun kelapa sawit yang telah berusia di atas 25 tahun. Kebun sawit dengan bibit asalan, dan kebun sawit yang produksinya, adalah di bawah 10 ton/hektare/tahun.

Selain itu juga, tiap kepala keluarga (KK) maksimal lahan yang bakal direplanting itu seluas empat hektare. Selain itu lokasinya tak menyalahi Tata Ruang dan Tata Wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

‘’Hingga saat ini ada lima RT/RW yang jadi sasaran replanting itu, seperti di wilayah Pino, Bungamas, Pino Raya, Kedurang Ilir, dan Manna,” jelas Betharia.

Sedangkan enam kecamatan yang tersisa dari 11 kecamtan yang ada di BS yakni Kecamatan Ulu Manna, Seginim, Air Nipis, Kedurang, Pasar Manna, dan Kota Manna.

‘’Untuk pencairan dana bantuan replanting besarannya Rp 25 juta/hektare via rekening kelompok. Pasalnya program ini bukan untuk perorangan, tetapi harus kelompok,’’ jelas imbuh Betharia.

Program replanting di Bengkulu Selatan miliki kuota awal seluas 1.075 hektare. Namun kalau melebihi kuota tersebut, bisa ditambah lagi. Dengan kata lain kuota replanting tidak terbatas. “Untuk wujudkan program ini dapat berhasil kami akan sosialisasi ke tingkat kabupaten lalu ke desa-desa,” pungkasnya.

Pada sebelumnya Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE, MM, gelar kunjungan ke Bengkulu Utara (BU) sola program replanting kelapa sawit. Sebab Bengkulu Selatan salah satu kabupaten yang dinilai berhasil menterapkan replanting sawit.

Dalam berbagai kesempatan, Gusnan Mulyadi terus mensosialisasikan program replanting kelapa sawit. Sebagai alternatifnya bupati tawarkan pada petani, agar bertanam jagung di lahan yang tanaman sawit akan dilakukan peremajaan.

‘’Sambil menunggu sawit panen, lahan yang ada ditanami jagung. Benih minta ke Dinas Pertanian,” demikian bupati.(tek)

Berita Lainnya

Di Bengkulu Selatan, Hadir Ruqyah Massal

KOTA MANNA – Untuk menyebar syiar islam tentang tatacara pengobatan sesuai syariah, akan dilaksanakan Ruqyah ...

error: Content is protected !!