Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Awasi Serapan DD

Awasi Serapan DD

Mian

ARGA MAKMUR – Tahun ini Pemkab Bengkulu Utara mendapatkan penghargaan terbaik pertama dalam penyerapan Dana Desa (DD) dari Kanwil Perbendahargaan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Pemkab Bengkulu Utara merasa harus mempertahankan penghargaan tersebut tahun depan.

Bupati Bengkulu Utara , Ir. H Mian meminta camat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengawasi betul pelaksanaan DD di tiap desa. Sehingga serapan DD per tahunnya bisa mencapai di atas 99 persen seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk mencapai serapan tersebut, tentunya pola pertanggungjawaban, pengajuan pencairan hingga pelaksanaan juga harus tepat waktu dan sesusai kalender kerja,” kata Mian.

Camat dan Dinas PMD juga berhak memanggil kepala desa jika dirasa pekerjaan  menggunakan DD lamban. Termasuk mendahulukan pekerjaan fisik lebih awal sehingga tidak terkendala cuaca jika pekerjaan dilakukan di akhir tahun. “Jangan sampai jika ada masalah yang tidak terselesaikan di desa namun didiamkan sehingga menghambat serapan,” katanya.

Tidak hanya memenuhi target serapan anggaran, pelaksanaan DD juga harus tepat mutu dan tepat guna sehingga bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Sesuai dengan tujuan DD untuk  pengembangan dan pembangunan pedesaan.

“Kita catat, setelah lebih dari 5 tahun DD dilaksanakan, sudah 60 persen permasalahan fisik di desa yang menjadi tanggung jawab desa terselesaikan,” beber Mian.(qia)

Berita Lainnya

Sebulan Tiga Anak, Korban Kekerasan Seksual

ARGA MAKMUR – Kasus kekerasan seksual pada anak memang terbilang tinggi terjadi di Bengkulu Utara ...

error: Content is protected !!