Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Pastikan Jumlah TKA di Lebong

Pastikan Jumlah TKA di Lebong

Bambang Teguh

PELABAI – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lebong, Mahdi, SE kembali mengingatkan Pemkab Lebong mengecek Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) di tiga perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Lebong. Itu untuk memastikan jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang ada di Lebong. ‘’Selama ini jumlah yang disampaikan masih simpang siur,’’ kata Mahdi.

Pentingnya pengecekan IMTA untuk memastikan seluruh TKA di Kabupaten Lebong mengantongi izin. Terlebih saat ini sudah di penghujung semester pertama tahun 2019. Tidak menutup kemungkinan beberapa TKA masih dipekerjakan padahal izin kerjanya sudah kadaluarsa. ‘’Artinya Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, red) harus proaktif turun ke perusahaan-perusahaan yang ada di Lebong untuk mengeceknya,’’ tutur Mahdi.

Tidak hanya soal batas waktunya, pentingnya pengawasan IMTA itu juga berkaitan dengan penempatan tugas setiap TKA. Jangan sampai penempatan tugas TKA tidak sesuai dengan lokasi kerja sebagaimana yang dicantumkan dalam IMTA. Buktinya tahun 2017, Disnaker Provinsi Bengkulu menemukan pelanggaran oleh perusahaan di Lebong yang pekerjakan TKA tidak sesuai penempatan kerja. ‘’Jangan sampai terulang,’’ ungkap Mahdi.

Agar tidak terulang, Disnakertrans Kabupaten Lebong harus melakukan pengawasan rutin ke perusahaan swasta yang memperkerjakan TKA. Sikap kooperatif dari perusahaan yang mempekerjakan TKA juga sangat diharapkan. Jika IMTA telah mendekati penghujung masa berlaku, diharap segera diurus perpanjangan IMTA nya. ‘’Atau diberhentikan dulu kontraknya hingga keluar IMTA terbaru,’’ papar Mahdi.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebong, Bambang Teguh, S.Sos menyebutkan tengah mendata ulang IMTA ke seluruh perusahaan yang ada di Lebong. Kendalanya, perusahaan tidak rutin melaporkan data kontrak dan dokumen IMTA dari setiap pekerja asing yang dipekerjakan. ‘’Tim masih turun ke lapangan, sementara ini terdata 61 TKA yang dipekerjakan di tiga perusahaan di Lebong,’’ tandas Bambang.

Penyebarannya, 57 TKA dipekerjakan oleh PT. Bangun Tirta Lestari (BTL) yang bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik mikro hidro di Desa Ladang Palembang, Kecamatan Lebong Utara. Selanjutnya, 2 TKA dipekerjakan PT. Tansri Majid Energi (TME) yang bergerak di bidang Pertambangan Emas di Desa Lebong Tambang, Kecamatan Lebong Utara. Dua TKA lainnya dipekerjakan PT. Jambi Resouces yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Desa Ketenong, Kecamatan pinang Berlapis.(sca)

Berita Lainnya

Setiap Triwulan, TKK Dievaluasi

PELABAI – Para Tenaga Kerja Kontrak yang akan dipekerjakan Pemerintah Kabupaten Lebong tahun ini harus …