Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Rehab Pasca Bencana

Rehab Pasca Bencana

Gusnan Mulyadi

KOTA MANNA – Pemkab Bengkulu Selatan (BS) memastikan akan kejar dana darurat pasca bencana dari Pemprov Bengkulu. Dan bahkan untuk wilayah terdampak bencana, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM mengakui untuk dana rehabilitasi rekunstruksi pasca bencana tidak mencapai miliaran rupiah.

Untuk mengejar ketertinggalan pasca terjadi bencana alam di Provinsi Bengkulu, Pemkab Bengkulu Selatan memastikan segera menyesuaikan kebutuhan untuk rehabilitasi rekonstruksi bencana yang sempat melanda Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dana darurat yang saat ini akan dibagikan pada beberapa kabupaten terdampak musibah, diketahui mencapai Rp 1 triliun. ‘’Karena itu Pemkab Bengkulu Selatan sedang melakukan pendataan beberapa wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan yang menjadi daerah terdampak,’’ jelas Gusnan.

Lebih lanjut dikatakan Gusnan dari dana Rp 1 triliun yang akan digelontorkan Pemprov Bengkulu, ditaksir ratusan juta mengalir ke Kabupaten Bengkulu Selatan.

Rehab rekontruksi ini nanti akan dilakukan dibeberapa lokasi terdampak. Seperti jalan amblas, jembatan rusak, dan fasilitas umum lainnya.

“Kalau dilihat dari kerusakan yang ada itu kemungkinan ratusan juta bantuan yang akan diterima sebab Bengkulu Selatan salah satu yang terparah akibat bencana alam berberapa waktu lalu,” terang Gusnan.

Sedangkan untuk areal pertanian, Pemkab Bengkulu Selatan saat ini sedang mengupayakan bantuan dari kementerian Pertanian. Karena akibat dari bencana pada April lalu mengakibatkan ada ratusan hekatere sawah menjadi rusak serta beberapa irigasi juga ikut jebol lantaran dihantam banjir.

“Yang paling parah itu kan lahan pertanian milik warga. Sekarang kita lagi upayakan bantuan dari Kementrian Pertanian,” jelas Gusnan.(tek)

Berita Lainnya

Diduga Mesum, Oknum Pjs Kades di Bengkulu Selatan Digerebek Warga

PINO RAYA– Oknum Pejabat Sementara (Pjs) Kades Talang Padang Kecamatan Pino Raya, Sy, digerebek warga ...

error: Content is protected !!