Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Bantuan DAK Fisik Molor

Bantuan DAK Fisik Molor

Decky Zulkarnain

KOTA MANNA – Pemkab Bengkulu Selatan (BS) mengejar ketertinggalan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2019 ini. Bahkan memasuki semester I, diketahui ada 10 OPD tekhnis belum menerima DAK. Karena itu tanggal 22 Juli semua keperluan untuk pencairan DAK wajib dituntaskan.

Dikatakan Kepala KPPN Manna, Juditha Madiahsasi, lambannya penyaluran DAK fisik di 10 OPD tekhnis, disebabkan ada beberapa persyaratan yang belum dituntaskan masing-masing OPD yang menerima kucuran DAK fisik sebesar Rp 135 miliar.

‘’Karena itu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manna bersama sejumlah OPD tekhnis di Bengkulu Selatan membahas syarat dan ketentuan penerimaan DAK fisik yang belum dicairkan,’’ jelas Juditha.

Karena terhitung sejak Januari hingga Juni 2019,  10 OPD tekhnis belum juga menerima bantuan DAK yang difokuskan untuk bangunan fisik.

Lanjut Juditha pihaknya menginginkan agar data yang sudah masuk bisa diverifikasi ulang. Sehingga penyaluran dana DAK bisa segera dicairkan.

“Diminta data itu jelas agar DAK ini bisa cair. Sebab ini sudah semester pertama dan belum juga cair sampai hari ini (kemarin- red.),” terang Judhita.

Akibat dari belum dicairkannya DAK fisik, berimbas pada beberapa proyek pembangunan yang menggunakan DAK tahun 2019. Khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan BS.

Sementara itu Sekertaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan, Decky Zulkarnain, S.Sos memastikan bahwa pada 22 Juli depan, seluruh kekurangan persyaratan untuk mencairkan DAK akan selesai sehingga semua pembangunan yang bersumber dari dana DAK akan bisa digunakan.

“Kita semua ingin pembagunan dari DAK bisa jalan secepatnya. Kalau tidak ada halangan syarat untuk pencairan nanti kita lengkapi sebelum 22 Juli,” ujar Decky.(tek)

Berita Lainnya

Bebas, Reskan Siap Maju Pilkada

PASAR MANNA – Usai menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Manna selama 32 bulan, ...

error: Content is protected !!