Senin , 19 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Dua Alsintan Bantu Normalisasi Sawah

Dua Alsintan Bantu Normalisasi Sawah

NORMALISASI: Alat berat Dinas Pertanian sedang melakukan normalisasi sawah milik warga.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Untuk normalisasi areal persawahan baik yang terkena bencana alam pada 26 April lalu maupun topografinya memerlukan normalisasi, Dinas Pertanian menurunkan mini excavator di lahan sawah petani di Kecamatan Air Nipis dan Manna, Jum’at (28/6).

Adapun brigade alat dan mesin pertanian (Alsintan) diterjunkan ke lapangan, yakni satu unit untuk melakukan normalisasi di persawahan Pematang Gambir Air Nipis, dan satu unit di Desa Tambangan.

“Dua alat ini tak serentak kita turunkan. Tetapi kalau yang di Air Nipis itu sudah hampir satu minggu. Namun kalau untuk di Manna baru Jum’at (28/6).kita turunkan,” terang Kabid Sarana Prasarana, Dinas Pertanian (Distan) Bengkulu Selatan, Edi Siswanto.

Untuk di desa Tambangan Manna, normalisasi akibat ada beberapa titik lahan sawah yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir belum lama ini.

Dimana ada sawah milik petani rusak parah, sehingga memerlukan alat berat. Tapi beda normalisasi di Pematang Gambir. Untuk Air Nipis kondisi sawahnya terlalu tinggi dan agak sulit untuk mendapat air. Jadi perlu direndahkan saluran irigasinya.

‘’Jadi penempatan alat berat milik Distan ini sesuai dengan kebutuhan petani, Bukan asal tempat saja,” ujar Edi.

Dikatakan dengan adanya brigade Alsintan, minat petani untuk gunakan Alsintan sangat tinggi. Terlebih lagi Alsintan dipinjamkan secara gratis. Petani atau kelompok tani hanya menyiapkan BBM, biaya operator, dan biaya mobilisasi.

‘’Banyak sekali kemudahan yang didapatkan petani dengan alsintan gratis ini. Tetapi yang pasti Pemkab sangat dukung kegiatan masyarakat dalam bertani,” bebernya.

Sekedar diketahui, alat berat dan seluruh Alsintan milik Distan, petani boleh pakai dengan cara bisa hubungi Distan dan PPL setempat. ‘’Selama itu keperluan petani, alat itu boleh dipakai,” pungkasnya.(tek)

Berita Lainnya

SDM Unggul Bukti Kebangkitan Bangsa

KOTA MANNA  – Kemeriahan HUT RI ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dimaknai ...

error: Content is protected !!