Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Metropolis / Purna Bakti, 35 Dewan Dapat Rp 300 Juta

Purna Bakti, 35 Dewan Dapat Rp 300 Juta

UANG PENSIUN: Sejumlah 35 Anggota DPRD kota sebentar lagi akan mendapatkan uang purnabakti (pensiun) yang nilainya bervariasi.(foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Pasca tidak lagi menjabat sebagai Anggota DPRD periode 2014-2019 terhitung tanggal 21 Agustus mendatang, sebanyak 35 Anggota DPRD Kota Bengkulu dipastikan akan mendapat uang purna bakti. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 300 juta.

Plt (pelaksana tugas) Sekretaris DPRD Kota Bengkulu, Adil Sitepu mengungkapkan, bahwa pembayaran uang Purnabakti anggota dewan ini sudah diatur dalam PP 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Hak Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Pembayaran uang purna bakti dewan ini tergantung dari masa kerja mereka. Karena yang baru saja dilantik PAW tentu tidak sama menerima dengan anggota dewan yang sudah lama menjabat satu periode,” ucap Adil Sitepu.

Ia menjelaskan, untuk besaran masing-masing anggota DPRD bervariasi tersebut disesuaikan dengan masa bakti dan jabatannya di DPRD Kota. Banyaknya uang purna bakti yang diterima anggota dewan ini, disesuaikan dengan uang refresentasi yang diterima setiap bulannya.

Yakni menurutnya, bagi anggota dewan yang menjabat sampai lima tahun, diberikan uang purnabakti sebanyak enam bulan uang refresentasi. Sedangkan yang bertugas hanya satu tahun, ia hanya menerima uang purnabakti sebesar 1 bulan uang refresentasi.

“Untuk anggota DPRD menjabat lima tahun (satu periode), diperkirakan akan mendapatkan uang purna bakti nilai uang refresentatif sebesar Rp 2,1 juta dikalikan 6 bulan. Artinya itu mendapatkan sekitar Rp 12,6 juta. Sedangkan masa kerja yang baru menjabat satu tahun atau beberapa bulan sama hitungannya hanya mendapatkan Rp. 2,1 juta saja,” bebernya.

Selain itu lanjut Sitepu, uang itu purnabakti tersebut, kemungkinan besar akan dibayarkan pada bulan Agustus 2019. “Ya semuanya akan diberikan. Anggarannya sudah tersedia di APBD Murni Tahun Anggaran 2019. Akan dibayarkan saat akan berakhir masa jabatan. Dan dibayarkan dalam bentuk uang melalui rekening masing-masing. Jadi tidak berupa barang atau cinderamata,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Buruh Abadi Makmur Tuntut Gaji UMP

BENGKULU – Sebanyak 50 buruh CV. Abadi Makmur, perusahaan yang bergerak di bidang impor kayu ...

error: Content is protected !!