Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / 214 Kilo Meter Jalan Rusak Berat

214 Kilo Meter Jalan Rusak Berat

RUSAK : Salah satu kondisi jalan lingkungan yang rusak parah dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki.(foto: Wanda/rb)

CURUP – Dari data base yang dimiliki Bidang Bina Marga (BM) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong ( Rejang Lebong) mencatat, setidaknya masih ada 214,034 Kilometer (km) jalan yang rusak berat. Kemudian jalan yang dalam kondisi rusak ringan sepanjang 54,573 km, kondisi sedang sepanjang 41,649 km dan dalam keadaan baik sepanjang 41,649 km.

Diungkapkan Kabid BM Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong Akhyar, ST kepada RB, untuk jenis pekerasan jalan dibagi tiga kategori. Masing-masing Jalan Aspal Sepanjang 457,598 Km, Jalan Batu Sepanjang 113,574 Km dan jenis Jalan Tanah Sepanjang 87,195 Km. ‘’Tahun ini kita akan melakukan perbaikan dan peningkatan jalan kabupaten di beberapa lokasi yang ada. Kita lakukan sesuai dengan data yang kita miliki,’’ ucap Akhyar.

Sementara itu, warga seputaran Jalan Sopoyono RT 04 RW 02 Kelurahan Timbul Rejo Kecamatan Curup hingga saat ini masih terus berharap dan menunggu. Agar ada perhatian dari pemerintah daerah untuk perbaikan jalan dan drainase di kawasan mereka tersebut. Pasalnya kerusakan jalan dan drainase disisinya semakin tergerus dan runtuh hampir memakan setengah badan jalan.

Kondisi ini, terang Aris Tadjab salah satu warga setempat, kondisi tersebut sangat berbahaya bagi warga maupun pengendara yang melintas dlingkungan mereka. Belum lagi saat kemarau jalan berdebu dan saat hujan, drainase kerapkali meluap. Kondisi tersebut semakin parah sejak beberapa tahun belakangan.

‘’Panjang jalan lebih kurang satu kilo meter dan sejak beberapa tahun belakangan kondisi kerusakannya semakin parah, baik itu badan jalan maupun kondisi drainase di sampingnya. Jalan ini merupakan jalan tembus dari Jalan Ahmad Marzuki menuju kawasan Jalan Letjen Suprapto,’’ terang Aris.

Ditambahkan Aris, mereka berharap segera ada perhatian dari pemerintah daerah. Agar jalan dan drainase mereka segera dilakukan perbaikan maupun peningkatan. ‘’Semakin hari jalan semakin rusak dan drainse juga kondisinya semakin parah. Bahkan ada titik yang sudah runtuh drainase dan jalannya hampir memakan setengah badan jalan,’’ imbuh Aris.(dtk)

Berita Lainnya

Polres Kerahkan 202 Personel

CURUP – Polres Rejang Lebong, Rabu pagi (19/2) melaksanakan kegiatan apel pergeseran pasukan sehari sebelum …