Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Metropolis / Ekspor Produk UMKM Bisa Lewat Kantor Pos

Ekspor Produk UMKM Bisa Lewat Kantor Pos

Indriya Karyadi

BENGKULU – Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Bengkulu, Indriya Karyadi mengatakan, pintu keluar untuk ekspor Bengkulu saat ini bukan hanya melalui pelabuhan Pulau Baai saja. Namun, Bea Cukai telah memfasilitasi kanal atau pintu ekspor untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Kantor Pos.

Dikatakan Indriya, Bengkulu punya banyak UMKM yang memiliki potensi untuk ekspor. Namun para UMKM kesulitan untuk mengekspor hasil usahanya melalui Pulau Baai karena harus dalam jumlah banyak atau dimasukkan ke kontainer. Tentunya biaya untuk itu cukup mahal.

Untuk itulah, demi memudahkan pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya sampai ke luar negeri, pihaknya memfasilitasi paras pelaku UMKM itu agar bisa mengekspor hasil usahanya melalui Kantor Pos. “Saat ini Pos Ekspor sudah siap untuk digunakan. Jadi kalau ada UMKM dan pengusaha yang ingin mengekspor barangnya bisa melalui Kantor Pos,” imbuhnya.

Keuntungan yang didapat UMKM apabila mengunakan Pos Ekspor yaitu mendapatkan pelayanan  one stop service dangan tarif yang sangat murah. Selain itu, pelaku UMKM yang akan mengirim barangnya ke luar negeri tidak perlu repot. “Lewat layanan itu, eksportir mendapatkan layanan pengemasan, fumigasi atau penghilangan jamur, pengurusan dokumen ekspor, surat izin karantina. Hingga dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). Mereka tinggal membawa barangnya,” jelas Indriya.

Selain itu, Indriya menambahkan Pos Ekspor bisa dilakukan untuk UMKM dengan syarat utama yaitu perjanjian kerja sama dan pihak bea cukai juga memiliki rencana ke depan akan membuka pintu ekspor di Bandara Fatmawati Soekarno. “Kita akan membuka pintu ekspor di bandara untuk barang yang lebih besar dan pengiriman yang lebih cepat,” demikian Indriya.(cw2)

Berita Lainnya

55 ODHA Meninggal Dunia

BENGKULU – Dalam beberapa waktu terakhir, kasus HIV-AIDS di Kota Bengkulu didominasi dari kalangan Ibu ...

error: Content is protected !!