Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Fokus Produk Unggulan Desa

Fokus Produk Unggulan Desa

Hidayatullah Sjahid

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM mengimbau kepada seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Kepahiang, agar bisa fokus menampung dan mengelola produk unggulan yang ada di desanya, terkhusus hasil pertanian yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diketahui ada 105 BUMDes yang dibentuk melalui program Dana Desa (DD) Kabupaten Kepahiang Tahun ini, namun hampir seluruh BUMDes belum bisa optimal dalam menampung dan mengelola seluruh produk unggulan desa.

“Tidak ada lagi alasan desa tak memiliki BUMDes. Karena aturan sudah jelas jika BUMDes jadi salah satu kebijakan wajib yang harus dilaksanakan jajaran Kepala Desa (Kades). Untuk itu Kades dan jajaran harus mendorong pendirian BUMDes,” ungkap Bupati.

Menurutnya keberadaan BUMDes menjadi salah satu program untuk peningkatkan perekonomian masyarakat, agar dapat lebih memajukan kesejahteraan rakyat. “Kalau saat ini mungkin belum ada efeknya keekonomi karena masih baru digerakan. Nanti kedepan kita harapkan ini jadi usaha untuk peningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Bupati mengatakan jika kedepannya BUMDes bukan hanya perusahaan desa yang mengelola bisnis kecil-kecilan namun diharapkan juga dapat menjadi perusahaan lokal yang menampung seluruh produk pertanian masyarakat setempat. Sehingga warga tak terlalu sulit dalam memasarkan hasil pertanian dengan jaminan harga cukup variatif.

“Harapan kedepannya demikian, agar masyarakat dapat memiliki BUMDes yang bisa menampung hasil pertanian dan olahan masyarakat sekitar,” singkatnya. (sly)

Berita Lainnya

UTTP Belum Berjalan

KEPAHIANG – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kabupaten Kepahiang mengaku bahwa kegiatan ...

error: Content is protected !!