Sabtu , 22 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Survei Pengguna Trawl

Survei Pengguna Trawl

Eddy Aprianto

MUKOMUKO – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.Si, menyatakan pihakny telah melakukan pembinaan terhadap nelayan Kabupaten Mukomuko. Khususnya nelayan yang masih menggunakan alat tangkap terlarang jenis trawl atau dikenal juga pukat harimau.

Pembinaan pada nelayan yang diduga masih menggunakan trawl ini, berdasarkan arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ini dilakukan, karena diduga kuat masih adanya nelayan Mukomuko menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan itu.

“Kita sudah beri pembinaan kepada nelayan kita mengenai alat tangkap trawl ini. Agar mereka bisa mengganti dengan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan,” jelas Eddy.

Karena itu memastikan nelayan melaksanakan arahan saat pembinaan diberikan, DKP akan melakukan survei kelapangan untuk melihat perkembangan di tengah masyarakat nelayan. Karena DKP belum dapat mengetahui apakah nelayan dapat mematuhi harapan pemerintah.

“Semua butuh proses. Nelayan Mukomuko sudah dari dulu menggunakan alat Trawl. Jadi memang tidak mudah bagi mereka untuk mengganti alat tangkap lain,” jelas Eddy.

Nanti dari hasil survei, kalau menunjukkan masih banyak nelayan di Kabupaten Mukomuko pakai Trawl, DKP berencana akan melakukan pembinaan lanjutan. Suapaya nelayan benar-benar sadar pentingnya menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

‘’Sanksi pasti ada, tetapi kita tetap akan berusaha memaksimalkan supayar mereka bisa patuhi ketetapan yang sudah ada. Kita tak bisa mengubah semua secara instan. Makanya memberikan arahan yang benar untuk sistem dan cara nelayan dalam upaya penangkapan ikan,” tandasnya.(hue)

Berita Lainnya

Urus Paspor Bisa di Diskominfo

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, terus berinovasi membantu dan …