Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Tiga Kegiatan Ditunda

Tiga Kegiatan Ditunda

Syahrizal

MUKOMUKO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko memastikan akan menunda pelaksanaan tiga kegiatan yang dibiayai dari anggaran APBD Tahun Anggaran 2019.

Penundaan itu karena anggarannya terbilang minim, tidak mencukupi jika kegiatan itu  tetap dipaksakan. Kegiatan yang ditunda realisasinya itu yakni pembinaan mental pascabencana alam, kajian penghitungan pasca bencana alam, dan bimbingan teknik (Bimtek) fasilitator pembinaan mental pascabencana alam.

“Masing-masing anggaran kegiatannya hanya disediakan Rp 30 juta. Dengan anggaran sebesar itu, mana mungkin cukup untuk melaksanakan kegiatan,” ujar Kepala BPBD Mukomuko Syahrizal, SH.

Dicontohkannya, seperti kegiatan pembinaan mental pascabencana alam. Tentu untuk melaksanaan pembinaan mental harus mendatangkan psikologi. Syukur nantinya psikologi itu ada di Kabupaten Mukomuko. Tapin jika harus didatangkan dari luar daerah, membutuhkan anggaran yang lebih besar.

“Dari pada nanti memalukan, mending sekarang untuk 3 kegiatan itu kita tunda dulu,” kata Syahrizal.

Kendati sebanyak 3 kegiatan itu dilakukan penundaan, bukan berarti harus digagalkan atau tidak dilaksanakan sama sekali. Sebab kegiatan itu sangat penting dilakukan. Terlebih wilayah Kabupaten Mukomuko menjadi salah satu daerah berdampak langsung bencana alam tsunami dan daerah rawan bencana alam gempa bumi.

Makanya masih ada peluang untuk melaksanakan kegiatan tersebut, jelang akhir tahun. Karena penambahan anggaran pelaksanaan kegiatan, akan diajukan pada pembahasan perubahan APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019.

“Diajukan dulu penambahan anggaran di APBD perubahan 2019. Itupun jika usulan disetujui. Jika tidak disetujui, terpaksa anggaran yang mencapai sekitar Rp 90 juta untuk 3 kegiatan itu kita kembalikan lagi ke kas daerah (Kasda),” tukasnya.(hue)

Berita Lainnya

RAT Sekaligus Pembagian SHU Kopkar PT. DDP

IPUH – PT. Daria Dharma Pratama menyelenggarakan Kegiatan Rapat Anggota Tahunan sekaligus pembagian Sisa Hasil …