Jumat , 15 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pelepasan CJH Dua Lokasi

Pelepasan CJH Dua Lokasi

CEK LOKASI: Panitia Pemberangkatan CJH Mukomuko bersama Bupati Mukomuko mengecek rencana lokasi pelepasan pemberangkatan CJH Mukomuko di halaman Balai Daerah.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Rencana seluruh calon jamaah haji (CJH) se-Kabupaten Mukomuko dilepas di Balai Daerah, pusat Kabupaten Mukomuko sepertinya tidak terwujud. Sebab 48 CJH dari eks Kecamatan Mukomuko Selatan (MMS) belum bersedia. Mereka memilih dijemput bus angkutan haji di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai. Sebab jika diberangkatkan dari Kota Mukomuko, jarak tempuh yang akan dilewati 48 CJH itu akan semakin jauh.

“Keinginan pak bupati, seluruh CJH dilepas serentak di Balai Daerah. Mudah-mudahan, ini bisa terwujud. Karena sementara ini, untuk dari wilayah 4 kecamatan itu, berharap tetap menunggu di Sungai Rumbai,” ujar Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH.

Harapan CJH itu, dengan pertimbangan jarak tempuh. Membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk bisa sampai ke Balai Daerah. Sementara, saat keberangkatan ke Asrama Haji di Embarkasi Antara di Kota Bengkulu, bus yang mengangkut CJH kembali melintasi daerah mereka. Selain pertimbangan jarak, juga faktor CJH yang sudah lanjut usia (Lansia).

“Pertimbangannya seperti itu dan kita tim sebelumnya juga sudah mempertimbangkan itu,” kata Ajamalus.

Seperti apa keputusan akhirnya, akan diputuskan besok (11/7). Pihaknya bersama tim, direncanakan akan kembali menyampaikan ke CJH, terkait rencana pelepasan CJH disatu tempat.

Sementara itu, terkait pengangkutan koper CJH. Disampaikan Ajamalus, direncanakan Jumat (12/7) lusa sore. Oleh karenanya, seluruhnya telah dikumpulkan di Kantor Kemenag Mukomuko, Jumat siang. Agar sorenya langsung dibawa ke Embarkasi Antara Kota Bengkulu.

“Kita sudah sampaikan ke CJH, berat maksimal seluruh bawaan CJH, 32 kilogram per jamaah. Dan sudah kita imbau juga ke jamaah, agar tidak membawa barang-barang yang dilarang,” kata Ajamalus.

Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH menyampaikan, Balai Daerah terbuka untuk umum. Oleh karenanya, saat pelepasan CJH nantinya, keluarga yang mengantarkan CJH bisa masuk ke komplek Balai Daerah.

“Perwakilan dari keluarga juga kita siapkan tempatnya. Diharapkan para keluarga jamaah tertib. Namun, untuk kendaraan keluarga jamaah diharapkan diparkirkan secara tertib diluar balai daerah. Karena melihat area atau lokasi parkir, tidak bisa menampung keseluruhan,” kata Bupati. (hue)

Berita Lainnya

Dana Desa Tahap Ketiga Cair Pekan Depan

MUKOMUKO – Setelah menunggu lama dana desa tahap tiga segera dicairkan. Jika tak ada kendala ...

error: Content is protected !!