Jumat , 15 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Realisasi Fisik dan Keuangan Rendah

Realisasi Fisik dan Keuangan Rendah

MUKOMUKO – Progres serapan keuangan dan realisasi pekerjaan fisik di Pemkab Mukomuko, Juni tidak mencapai target. Ini baru diketahui, usai evaluasi rutin oleh Tim Evaluasi dan Pengawasan Anggaran (TEPRA) Pemkab Mukomuko. Bulan Juni itu, Pemkab menargetkan tingkat realisasi keuangan mencapai 35 persen. Tapi nyatanya, realisasi yang tercapai baru di angka 32,76 persen. Meleset 2,24 persen dari yang ditargetkan.

Bahkan untuk realisasi fisik, lebih besar selisihnya dari yang ditargetkan. Pemkab sudah menargetkan untuk realisasi fisik di bulan Juni, bisa sampai 37 persen. Nyatanya, hanya terealisasi sebesar 33,42 persen. Minus 3,58 persen dari yang sudah ditargetkan.

“Kegiatan fisik belum semuanya jalan. Baru belanja tidak lansungnya (BTL),” kata Kabag Pembangunan Setdakab Mukomuko Hari Mustamam, SP.

Padahal, di bulan sebelumnya, realisasi keuangan maupun realisasi fisik, sempat menggembirakan. Berhasil melebihi target. Realisasi keuangan bulan Mei, dari total APBD Pemkab Mukomuko tahun ini sebesar Rp 1,05 triliun. Berhasil mencatat angka 26,40 persen. Lampaui target, yang hanya 25 persen. Artinya deviasinya mencapai plus 1,40 persen.

“Memang ada di realisasi fisik, dari target 27 persen, realisasinya baru 26,92 persen. Tapi angka ini cukup baik, karena hanya bergeser sedikit. Deviasinya hanya minus 0,08 persen dari persentase yang kita targetkan,” terang Hari.

Bagaimana dengan capaian realisasi di bulan-bulan sebelumnya. Seperti di Januari 2019, ditarget realisasi keuangan 4 persen, terealisasi hanya 3 persen. Di Februari, target 8 persen, realisasi 5 persen. Maret ditarget bisa 12 persen, realisasi hanya 9 persen. April target sebesar 18 persen, realisasi Cuma 15 persen.

Demikian juga dalam soal realisasi fisik. Januari, Pemkab menargetkan realisasi bisa 6 persen. Namun nyatanya hanya tercapai 3 persen. Bulan berikutnya, Februari, target 10 persen, terealisasi 5 persen. Maret ditarget 14 persen, tercapai hanya 9 persen. April target 20 persen, yang tercapai cuma 15 persen. Sedangkan di Mei, target hanya 27 persen, realisasinya tercapai dengan hanya minus 0,08 persen dari target.

“Secara umum, kinerja bagus, kemajuan dari serapan anggaran untuk pembangunan bagus. Tapi kami Pemkab tetap tidak bisa lengah. Karena bulan Juli ini, target realisasi meningkat lagi,” terangnya.

Untuk diketahui, total APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019 ditarget sebesar Rp 1,05 triliun. Dari jumlah itu, terbagi ke dua pengalokasikan. Anggaran untuk belanja tidak langsung (BTL) sebesar Rp 499,04 miliar dan anggaran untuk belanja langsung (BL) sebesar Rp 555,6 miliar. (hue)

Berita Lainnya

Dana Desa Tahap Ketiga Cair Pekan Depan

MUKOMUKO – Setelah menunggu lama dana desa tahap tiga segera dicairkan. Jika tak ada kendala ...

error: Content is protected !!