Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Terus Merugi, Setop Dana Hibah ke PDAM

Terus Merugi, Setop Dana Hibah ke PDAM

BENTENG – DPRD Benteng melalui fraksi Persatuan Pembangunan di Komisi III, meminta penyertaan modal melalui dana hibah untuk PDAM Tirta Rafflesia disetop. Karena dinilai belum memberikan keuntungan, malah terkesan terus merugi.

Hal ini jika terus diberikan dana segar setiap tahunnya, akan berdampak pada pengurangan anggaran untuk pos lainnya yang juga banyak membutuhkan dan masuk skala prioritas. “Kebutuhan PDAM lebih baik dikontrol oleh Pemkab Benteng dalam bentuk penyediaan barang,” terang Ketua Fraksi, M.Nasir Jahiyah.

Misalnya, dijelaskan oleh Nasir, jika PDAM Tirta Rafflesia kekuranga logistik pipa dan lainnya, maka Pemkab Benteng sendiri yang harus membelikannya. PDAM akan diberikan kewenangan dalam hal pemasangan saja. Kemudian kontrol penuh untuk anggaran yang masuk ataupun keluar harus jelas.

Hal ini bukannya tidak percaya dengan kebijakan didlaam internal PDAM sendiri, karena dilihat dari jumlah anggaran yang selalu disertakan untuk pemyembuhkan perusahaan yang sedang sakit tersebut angkanya juga sudah mencpaai miliaran rupiah.

“Benteng masih butuh banyak anggaran dibidang lain juga,” katanya. Nasir mengakui cukup prihatin dengan kondisi PDAM. Di satu sisi mempunyai tugas yang bisa dikatakan mulia karena membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih, namun di sisi lain selalu mengalami kerugian. Bahkan jumlah konsumen pelanggan tetap PDAM yang tidak taat atuan waktu membayarnya, juga menjadi persoalan.

Hal inilah diharapkan bisa dibedah bersama terutama oleh Pemkab Benteng agar perusahaan plat merah tersebut bisa sehat. “Masukan agar lebih efisien untuk penggunaan anggaran kedepannya,” demikian Nasir.(vla)

Berita Lainnya

Tahun Depan, Optimalisasi Terminal Nakau

BENTENG – Direncanakan, tahun 2020 nanti, terminal Nakau di Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, akan ...

error: Content is protected !!