Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tujuh Desa Belum Laporkan Realisasi DD

Tujuh Desa Belum Laporkan Realisasi DD

Meizuar

BENTENG – Sebanyak tujuh desa sampai saat ini belum melaporkan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama ke Inspektorat Daerah (Ipda). Padahal laporan realisasi penggunaan itu sebagai syarat untuk pencairan DD tahap kedua. Jika tidak juga dilaporkan maka dipastikan ketujuh desa tersebut tidak akan bisa mendapatkan DD tahap kedua.

“Kami masih menunggu, namun kalau tidak dilaporkan akan umumkan nama desa-desa tersebut,” jelas Kepala Ipda, H.Meizuar, SH, MH yang masih merahasiakan ketujuh nama desa tersebut.

Untuk proses pencairan DD tahap kedua, menurutnya harus menyelesaikan laporan mengenai penggunaan anggaran sebelumnya. Yakni DD tahap pertama sebesar 20 persen dan harus disertai dengan bukti penggunaannya. Mislanya jika ada pembelian barang, harus melampirkan bukti pembelian barang.

Untuk beberapa desa yang sudah menyelesaikan laporan realisasi, maka sudah bisa mengajukan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng setelah diverifikasi oleh Ipda Benteng. Sementara itu, Kabid Anggaran BKD Benteng, Ade Crishtian, S.STP saat dikonfirmasi mengenai jumlagh desa yang sudah mengajukan pencairan DD tahap kedua dengan besraan 40 persen, sudah ada tiga desa.

Pihaknya akan mencairkan apabila semua syarat administrasi sudah lengkap seperti laporan realisasi maka bisa diproses. “Semua pengajuan akan di check list ulang,” katanya. Untuk anggaran DD  tahap kedua dengan nilai 40 persen, BKD meanggarkan senilai Rp 40 miliar untuk 142 desa yang ada di Benteng. Besaran setiap penerimaan DD tentunya tidak akan sama, yakni dihitung dari jumlah penduduk dan luas wilayahnya juga.

“Yang mengajukan langsung segera diproses jika sudah dinyatakan lengkap,” demikian Ade.(vla)

Berita Lainnya

Pemerintah Harus Jaga Masyarakat dari Kisruh Tambang

BENTENG – Polemik di tambang Bara Mega Quantum (BMQ) yang masih belum selesai dengan baik ...

error: Content is protected !!